Bola & Sports
·
9 Maret 2020 13:25

Mulai 2020, Desain Helm Formula 1 Tidak Dibatasi

Konten ini diproduksi oleh Info Sport
Mulai 2020, Desain Helm Formula 1 Tidak Dibatasi (40204)
Formula 1 GP Meksiko 2019. Foto: REUTERS/Carlos Jasso
Berita baik untuk para penggemar helm custom.
Hal ini berlaku terutama bagi yang mau menggunakan helm dengan desain yang identik seperti milik pebalap F1.
ADVERTISEMENT
Planet F1 melaporkan bahwa mulai musim 2020, desain helm untuk para pebalap F1 tidak akan diberikan batas untuk mengganti desain helm mereka.
Pebalap Formula 1 sejatinya hanya boleh menggunakan satu jenis desain helm sejak 2015. Aturan ini diberlakukan agar pebalap lebih mudah dikenali.
Aturan tersebut tidak mendapat tanggapan yang baik selama beberapa tahun ini, seperti Sebastian Vettel yang rajin mengganti desain helmnya.
Daniil Kvyat juga sempat memprotes kebijakan ini, yang menyebabkan ia tidak bisa memakai helm custom-nya khusus untuk GP Rusia di Sochi.
Selain itu, FIA selaku penyelenggara ajang ini menetapkan beberapa aturan baru untuk musim 2021, seperti dikutip dari Crash.
Komponen yang terkena regulasi di antara lainnya adalah sayap depan utama (major front wing), sayap belakang (rear wing) serta sasis.
ADVERTISEMENT
Tujuan utama F1 melakukan pengubahan terhadap aturan teknis mulai musim 2021 adalah untuk melihat desain mobil yang kurang tergantung dengan efek gaya ke bawah.
Gaya ke bawah tersebut didapatkan lewat sayap-sayap mobil, bagian samping (sidepod) dan lantai sehingga mobil sekarang tidak punya performa baik.
Regulasi untuk sasis sudah diubah sehingga kekuatan mobil untuk menyerap kerusakan dari samping, depan dan bawah lebih terlihat.
Begitu pula untuk masalah kelistrikan, di mana sayap ekor dari mobil disambungkan. Kulite menjadi sponsor utama penyuplai power untuk musim 2012-20110
Setelah itu, Kulite sudah dikonfirmasi menjadi penyuplai dari power unit pessure mulai musim 2021 hingga 2003.
Regulasi utama yang paling disorot dari FIA adalah penerapan salary cap sebanyak 175 juta dolar untuk F1 mulai musim 2021.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white