Bola & Sports
·
16 Juli 2021 17:38
·
waktu baca 3 menit

Olahraga Pilates, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Info Sport
Olahraga Pilates, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh (193729)
searchPerbesar
Ilustrasi pilates. Foto: Shutter Stock
Olahraga pilates merupakan metode latihan pada tubuh untuk meningkatkan aktivitas sehari-hari. Kemudian, ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga ini.
ADVERTISEMENT
Sekilas, olahraga ini hampir mirip dengan yoga. Namun, sebenarnya pilates merupakan versi kontemporer dari yoga. Olahraga seperti pilates sangat cocok dilakukan oleh pemula atau pemulihan cedera.
Pilates terdiri dari berbagai gerakan yang berfokus pada bagian tubuh, seperti perut, pinggang, panggul, dan paha. Olahraga yang tergolong low-impact ini dapat melatih ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas otot.
Selain itu, olahraga pilates juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai jenis olahraga pilates.

Manfaat Olahraga Pilates untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga Pilates, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh (193730)
searchPerbesar
Ilustrasi Manfaat Pilates (Sumber: Pixabay)
Mengutip dari healthline, berikut ini adalah manfaat olahraga pilates untuk pemula yang bisa didapatkan jika dilakukan secara rutin:

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Kegunaan olahraga pilates yang pertama adalah memperbaiki postur tubuh. Pilates berfokus pada keselarasan seluruh tubuh, rentang gerak ideal pada persendian, dan keseimbangan seluruh otot yang berlawanan.
ADVERTISEMENT

2. Mencegah Cedera

Olahraga Pilates, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh (193731)
searchPerbesar
Olahraga pilates dapat mencegah cedera. (Pexels/Karolina Grabowska)
Pilates juga menyeimbangkan otot-otot tubuh agar tidak kendur dan dan kaku. Otot yang terlalu kendur atau terlalu kencang dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap cedera.
Pilates berfokus pada pengembangan kekuatan dinamis, yang berarti kamu mampu menopang dan menstabilkan persendian saat bergerak. Penelitian menunjukkan, bahwa pilates merupakan metode yang efektif untuk mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

3. Meningkatkan Energi

Berfokus pada napas, pilates meningkatkan kapasitas kardiorespirasi. Pilates juga bisa merangsang hormon perasaan, aliran oksigen, dan sirkulasi darah.
Pilates bekerja secara optimal untuk meningkatkan energi, karena gerakannya yang ringan tidak membuat kamu cepat lelah. Sebaliknya, pilates bisa memberikan dorongan energi yang lebih.

4. Mengurangi Stres

Olahraga Pilates, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh (193732)
searchPerbesar
Olahraga pilates dapat mengurangi stres. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Penggunaan napas pada olahraga pilates dapat menurunkan sistem saraf. Hal tersebut akan membuat kamu keluar dari rasa stres dan menurunkan kortisol.
ADVERTISEMENT

5. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Selanjutnya, manfaat dari olahraga pilates adalah menjaga dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Keseimbangan sangat penting dan diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Setiap harinya, kita melibatkan koordinasi seperti berjalan atau gerakan non-linier.
Pilates meningkatkan keseimbangan dan gaya berjalan tidak hanya melalui penguatan inti, tetapi juga berfokus pada penyelarasan dan latihan seluruh tubuh.

6. Meningkatkan Imunitas

Olahraga Pilates, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh (193733)
searchPerbesar
Olahraga pilates membantu meningkatkan imun tubuh. (Pexels/Li Sun)
Penelitian menunjukkan, bahwa pilates membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, terutama bagi yang sudah memasuki usia lanjut.
Sementara itu, banyak pula penelitian yang dilakukan oleh orang dewasa yang lebih tua. Temuan ini menunjukkan, bahwa semua usia dapat mengalami peningkatan kekebalan melalui pilates, terutama untuk meningkatkan sirkulasi.
Sistem kekebalan yang baik adalah fungsi dari darah dan getah bening yang mengalir dengan baik. Keduanya bisa didapatkan dari olahraga pilates. Selain itu, kamu juga bisa melakukan olahraga pilates di rumah.
ADVERTISEMENT

7. Meningkatkan Fungsi Koginitif

Olahraga pilates terbukti bisa meningkatkan fungsi kognitif dalam sebuah penelitian. Misalnya, perkembangan neuron baru, aliran darah ke otak, peningkatan neurotransmiter, dan usia panjang neuron yang berfungsi sebagai pembelajaran, memori, dan pemikiran eksekutif.

8. Meningkatkan Kekuatan Otot Inti

Olahraga Pilates, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh (193734)
searchPerbesar
Olahraga pilates meningkatkan kekuatan dan fungsi otot inti. (Pexels/Marta Wave)
Gerakan olahraga pilates dikenal karena penekanannya pada inti atau pusat tubuh. Pilates juga meningkatkan kekuatan dan fungsi otot inti.
Kekuatan inti tersebut merupakan faktor kunci dalam mengurangi nyeri punggung dan pinggul, mengurangi disfungsi dasar panggul, dan area di mana gerakan eksplosif berasal.

9. Meningkatkan Kinerja Olahraga

Jika kamu seorang atlet atau sering berolahraga dengan rutin, maka pilates terbukti bisa meningkatkan kinerja olahragamu.
Pilates dapat menyeimbangkan tubuh dengan memperkuat otot dan melenturkan otot yang kaku. Selain itu, pilates juga bisa mencegah cedera ketika sedang berolahraga.
ADVERTISEMENT

10. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Olahraga Pilates, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh (193735)
searchPerbesar
Olahraga pilates bisa meningkatkan kekuatan tulang. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Gaya hidup saat ini lebih banyak dihabiskan untuk duduk dan kurang bergerak. Hal itu sangat merugikan kesehatan dan kepadatan tulang kita. Kepadatan tulang yang kuat dapat mencegah osteoporosis dan osteoarthritis.
Penelitian menunjukkan, pilates sangat efektif dalam meningkatkan kualitas hidup, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kepadatan tulang.
Itulah 10 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga pilates. Dengan berolahraga pilates, kesehatan tubuh akan tetap terjaga dengan baik.
(ANH)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020