kumparan
12 Sep 2019 22:44 WIB

Bawa Perubahan Untuk Desa, Pemuda Dompu Raih Penghargaan

Info Dompu- Pemuda merupakan tongkat estafet bagi bangsa. kalimat tersebut nampaknya tidak mudah untuk direalisasikan ketika seorang pemuda dihadapkan untuk berkreatifitas dan punya inovasi dengan tujuan membangun perubahan.
ADVERTISEMENT
Seperti pada pidato presiden pertama Ir. Soekarno mengatakan "berikan saya 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia". pada kalimat itu meyakini bahwa kekuatan dari pemuda mampu mengubah daerah, bangsa dan negara. bahkan pada catatan sejarah kemerdekaan Indonesia berkat desakan dari Golongan pemuda terhadap golongan tua mampu mengantarkan Indonesia pada gerbang kemerdekaan, meski sedikit nekad tetapi golongan pemuda mampu membakar semangat golongan tua untuk mendeklarasikan kemerdekaan.
seperti itulah yang dilakukan oleh pemuda kebanggan salah satu desa wilayah Kabupaten Dompu, tepatnya di Desa Wawonduru Kecamatan Woja. Pemuda ini bernama Ramli atau yang akrab disapa Steken, ia merupakan salah satu pemuda penggerak perubahan desa Wawonduru. ia mampu membangkitkan semangat masyarakat, pemuda desa lain, Pemerintah Desa, dan jajaran Pemerintah kabupaten. gerakan yang ia lakukan sangat diapresiasi oleh seluruh kalngan yang terlibat.
ADVERTISEMENT
"Saya berterimakasih kepada Bung Steken yang sudah mempelopori serta prakarsai kegiatan positif yang dilakukan dan mampu membangun motivasi dalam membangun desa" tanggapan positif yang dilontarkan oleh Kepala Desa Wawonduru, Abdul Fattah (10/9).
Perubahan memang telah dirasakan oleh masyarakat desa tersebut dalam kurun waktu 1 tahun belakang. Pembenahan yang dilakukan terbilang singkat apalagi untuk 'merapikan' desa yang dulunya terkenal kumuh dan rawan banjir itu. semangat Steken yang tinggi ternyata mampu menggerakkan jiwa sosial masyarakat untuk melakukan gotong royong membangun desa, alhasilpun Desa Wawonduru menjadi desa yang dicontohi oleh desa-desa lain, di wilayah Kabupaten Dompu.
Ketekunan dari Steken ini pun berbuah manis, pasalnya ia di nobatkan menjadi pemuda pelopor tingkat provinsi pada 17 Agustus 2019, prestasi yang luar biasa dan dapat menjadi contoh untuk seluruh pemuda setiap daerah bahwa tidak ada pengorbanan yang sia-sia selagi ada kemauan yang besar dalam diri pribadinya.
ADVERTISEMENT
-
Nuril Qomariah
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan