Pencarian populer

Alasan Caleg Enggan Turunkan APK Karena Tidak Punya Dana

Masa Tenang, Bawaslu Kobar Tetap Pantau Medsos Caleg

Bawaslu Kobar bersama tim gabungan menertibkan APK para Caleg di Kota Pangkalan Bun. (Foto: Joko Hardyono)

InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama unsur TNI-Polri, Satpol PP Kobar serta KPU Kobar melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) para Calon Legislatif (Caleg) dan Calon Presiden (Capres) Pemilu 2019 di Kota Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Minggu (14/4).

Ketua Bawaslu Kobar Dorik Rozani menuturkan, penertiban dan penurunan APK dilakukan secara menyeluruh di 6 Kecamatan, Kabupaten Kobar. Padahal sesuai aturannya, saat memasuki masa tenang para Caleg harus melepas sendiri APK miliknya.

"Hanya sebagian Caleg yang melepas sendiri APK nya, karena mungkin ada juga yang lupa menurunkan, misal kemarin pasang APK 100 yang diturunkan 80 APK," ujar Dorik, Minggu (14/4) kepada InfoPBUN.

Dorik mengungkapkan, alasan para Caleg enggan menurunkan APK miliknya lantaran tidak ada biaya untuk menurunkan. Alasan kedua yakni para Caleg masih banyak yang sibuk untuk persiapan bergerilya mencari suara. "Kami mikir positif mereka tidak ada biaya untuk menurunkan APK, tapi anggaran memasang ada," ungkapnya.

Menurut Dorik, masih ada 20 persen APK di Kota Pangkalan Bun yang belum diturunkan, termasuk dalam gang-gang pemukiman warga. Pihaknya akan terus melakukan penelusuran hingga lusa, Selasa (16/4) untuk memastikan sudah bersih semua dari APK.

"Termasuk di medsos kami tetap pantau, misal untuk Caleg DPRD Kabupaten, kami akan akan langsung tegur ke pengurus Parpolnya, tidak hanya medsos, media daring juga kami tegur Parpolnya," tuturnya.

Dorik menegaskan, sanksi APK yang tidak diturunkan saat masa tenang adalah sanksi penertiban. "Tapi kami akan membuat catatan, penilaian kurang bagus terhadap Caleg yang bersangkutan," pungkasnya. (Joko Hardyono)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.35