kumparan
29 Apr 2019 20:44 WIB

Komunitas Bonsai Kobar Tarik Perhatian Masyarakat

Pengunjung berswafoto di pameran bonsai di Taman Kota Manis Pangkalan Bun. (Foto: Joko Hardyono)
InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT - Komunitas pecinta tanaman kerdil (bonsai) Pekumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar koleksi bonsai di Taman Kota Manis Pangkalan Bun area Car Free Day (CFD), Minggu (27/4) pagi.
ADVERTISEMENT
Sedikitnya 60 an lebih bonsai dipajang dari berbagai jenis tanaman kerdil menjadi daya tarik pengunjung CFD Pangkalan Bun.
Sektretaris PPBI Cabang Kobar M. Nasikin menuturkan, pameran koleksi bonsai dari anggota PPBI Kobar pertama kali digelar pihaknya di Kota Pangkalan Bun. Kegiatan pameran tersebut disambut antusias pengunjung CFD untuk berswafoto dengan tanaman kerdil tersebut.
"Masyarakat antusias melihat-lihat keunikan bonsai yang dipajang, bertanya informasi tentang bonsai dan komunitas PPBI," ujar Nasikin, Senin (28/4).
Antusias pengunjung CFD di Taman Kota Manis Pangkalan Bun. (Foto: Joko Hardyono)
Tidak sedikit dari pengunjung yang melihat tertarik untuk memiliki bonsai tersebut. Tidak sedikit pula pengunjung yang mengabadikan dengan berswafoto atau berselfie dengan latar belakang pameran bonsai.
Sementara itu, Menurut Ketua PPBI Kobar Ahmad Heriyanto menyampaikan, bahwa selain antusias dari para pengunjung arena semarak bonsai, antusias para anggota juga luar biasa.
ADVERTISEMENT
Dari target awal hanya menurunkan sekitar 40 an, kendati demikian bonsai yang hadir mencapai lebih dari 60 an bonsai.
"Tidak hanya dari Pangkalan Bun, banyak peserta yang datang dari luar kota seperti Kumai, Kumpai Batu, Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng," tuturnya.
Dijelaskannya jenis-jenis bonsai yang diturunkan pun beragam diantaranya aneka jenis ficus atau beringin, asam jawa, jeruk kingkit, anting putri, ulmus, serut, sakura dan lain-lain. "Harapannya ke depan perbosaian di Kobar bahkan di Kalteng terus berkembang dan maju," harapnya.
Koleksi bonsai dari komunitas PPBI Kobar. (Foto: Joko Hardyono)
Salah satu pengunjung, Anang Pintarto mengaku sangat senang dan kagum dengan adanya kegiatan pameran bonsai yang pertama kali di adakan di Pangkalan Bun ini. Selain sebagai sarana untuk mengenalkan bonsai kepada masyarakat juga sebagai wadah bagi penghobi bonsai untuk terus berkarya.
ADVERTISEMENT
"Ini juga bisa mendorong sektor lain seperti ekonomi dan pariwisata yang ada di Kobar," pungkasnya. (Joko Hardyono)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan