News
·
22 November 2020 18:40

Logistik Surat Suara Pilgub Kalteng Sudah Terdistribusi ke Semua Daerah

Konten ini diproduksi oleh InfoPBUN

KPU: Tolong Perhatikan Protokol Kesehatan Saat Sortir dan Lipat

Logistik Surat Suara Pilgub Kalteng Sudah Terdistribusi ke Semua Daerah (147458)
Distribusi logistik surat suara Pilgub Kalteng dari Banjarmasin.
PALANGKA RAYA- Distribusi logistik surat suara pemilihan gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah rampung. 13 Kabupaten dan 1 Kota sudah semua menerima surat suara.
ADVERTISEMENT
"Proses pendistribusian logistik surat suara telah selesai dilaksanakan dan titik terakhir di Kabupaten Sukamara pada pukul 04.00 pagi tadi," kata Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain Ibrohim.
Menurut Harmain distribusi 1,744 juta surat suara yang dilakukan sejak Jumat 20 November 2020 berjalan lancar dan dikawal oleh aparat keamanan dari Polda Kalteng serta Bawaslu Kalteng.
"Seluruh proses pendistribusian tetap dilakukan pengawalan dan pengawasan oleh Tim Logistik KPU Provinsi Kalteng, Bawaslu Provinsi dan pihak keamanan Polda Kalteng," jelas Harmain.
Usainya pendistribusian logistik, Harmain berpesan kepada masing-masing KPU Kota dan Kabupaten agar selalu memperhatikan protokol kesehatan dan penyortiran dan pelipatan surat suara.
"Petugas, pengawas pelaksanaan sortir dan lipat surat suara wajib mengunakan APD seperti masker, jaga jarak, hand sanitezer dan melakukan pengecekan suhu secara berkala," pesannya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya Harmain juga menjelaskan bahwa surat suara yang disiapakan sebanyak 1, 744 juta. Hal ini berdasarkan pada 1,69 juta daftar pemilih tetap dan 2,5 persen dari DPT. Selain itu, KPU juga menyiapkan 2000 lembar surat suara jika nantinya ada pemungutan suara ulang," terangnya.
Sebagaimana diinformasikan, logistik surat suara dikirim dari percetakan melalui kapal kargo di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pada Rabu (18/11). Pembongkaran dilakukan pada Jumat (20/11) yang disaksikan langsung oleh Bawaslu Kalteng dan pihak keamanan.