Pencarian populer

Makan Sahur, Hindari Menghangatkan Empat Sayuran Ini

Sayuran (Foto: Pixabay)

InfoPBUN - Dengan alasan menghemat waktu dan tenaga, karena waktu sahur yang pendek, untuk makan sahur biasanya kita menghangatkan kembali makanan matang yang sebelumnya kita simpan di kulkas.  Namun ternyata tak semua makanan aman dipanaskan kembali,  karena proses pemanasan dapat mengubah struktur kimia dalam makanan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

  • Jamur

Jika  sudah telanjur memasak jamur dalam porsi yang cukup besar, lebih baik mengonsumsinya dalam keadaan dingin tanpa perlu melakukan pemanasan kembali. Pemanasan pada jamur dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare atau perut kembung.

  • Brokoli

Rutin mengonsumsi brokoli dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, brokoli juga mengandung nitrat, yang apabila dipanaskan berulang, dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

  • Seledri

Pada seledri juga terdapat nitrat yang akan berubah menjadi nitrit apabila dipanaskan secara berulang. Apabila ingin menggunakan seledri, lebih baik taburkan saja irisan saledri mentah di atas sup yang akan dihidangkan agar tetap dapat memperoleh kandungan gizinya.

  • Bayam

Bayam mengandung zat besi. Itu sebabnya  sayuran ini akan berwarna kehitaman setelah beberapa jam dimasak. Bayam  memang tak boleh dipanaskan berulang kali. Hal ini disebabkan karena oksidasi pada zat besi bayam akan  membahayakan tubuh. Kandungan zat besi akan berubah menjadi karsinogen yang memicu timbuhlnya kanker, setelah dipanaskan kembali. (Fiyya)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36