kumparan
KONTEN PUBLISHER
31 Januari 2020 11:50

Nandoverde : Rela Resign Demi Menekuni Hobi Fotografer

Screenshot_2020-01-31-11-44-55-73.png
@nandoverde_
Menjadi fotografer bukan salah satu pekerjaan impiannya semasa kecil. Bahkan menjadi seperti saat ini pun tak pernah terbayangkan. Lama menekuni dunia perbankan, membuat ia merasa nyaman, sampai akhirnya memutuskan resign dari salah satu bank swasta dikotanya.
ADVERTISEMENT
Itulah sekelumit latar belakang Nando K Ferdiansyah, atau biasa dikenal dengan nama Nando di kalangan fotografer di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.
Memulai menjadi seorang fotografer tidaklah mudah bagi Nando Ia memulai dari nol dengan membeli kamera dengan cara angsur. Tahun 2013 menjadi tahun awal ia memulai mempelajari soal dunia fotografer.
"Mungkin kalo aku bilang sama ibu, ibu pasti belikan, aku kan gak mau membebani, aku beli pake cara angsur dan juga waktu itu kameranya masih biasa saja," Nando mengingat dimana ia bisa membeli kamera pertamanya.
Teman-teman terdekatnya menjadi sasaran obyek foto. Bayaran sebesar Rp 100.000,00 pernah diterimanya sebagai biaya jasa potretnya dari seorang teman, dan setelahnya ia pernah beberapa kali dibayar seadanya. Karena memiliki passion yang kuat untuk mengumpulkan portofolio, ia pun tetap serius menekuninya.
ADVERTISEMENT
Biaya jasa pemotretannya pun perlahan-lahan mulai menanjak tergantung kebutuhan dan permintaan klien. Meski demikian, ia tetap tidak berhenti belajar untuk memperkaya ilmu fotografi.
Bahkan rumah yang saat ini ia tempati awalnya tidak terfikir untuk dibuat menjadi sebuah studio foto. Perlahan ia merombak beberapa bagian dinding rumah pribadinya untuk dikonsep menjadi studio foto.
Ditahun 2019 menjadi tahun yang cukup berat bagi Nando, ia merasa sudah menemukan fotensinya selama ini yang ternyata hobi tersebut bisa menjadi sampingan yang menghasilkan. Berat untuk mengatakan ke orang tua harus resign dari bank.
"Ibu kan beda pemikirannya, kalo sarjana harus kerja, minsetnya kita beda. Tapi aku kasih pengertian sama ibu, dan beliau mau menerima apa yang menjadi keputusanku"lanjut Nando
ADVERTISEMENT
Persaingan dunia fotografernya di Kobar membuat Nando harus terus belajar dan belajar pemilik akun @nandoverde_ ini bahkan sudah mempunyai klien tetap. Bisnis ia pun semakin berkembang pesat melalui media sosial seperti Instagram sebagai media promosi dan galeri hasil fotonya.
Konsisten itulah menjadi kunci bagi ia dalam menekuni sebuah pekerjaan, termasuk jasa foto yang selama ini ia jalani. Banyak orang memakai jasanya untuk pemotretan pre wedding, kehamilan, pernikahan, sampul album atau fesyen. Yuk kita lihat inj dia beberapa hasil foto Nando.
Screenshot_2020-01-31-11-45-09-15.png
Klien Nando tidak hanya berasal dari daerahnya saja, juga ada dari luar negeri
Screenshot_2020-01-31-11-45-20-29.png
Mengambil momen untuk foto pernikahan
Screenshot_2020-01-31-11-45-35-32.png
Personal fotoshoot pun sering ia terima.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan