kumparan
18 September 2019 21:52

Siapkan Mobil Oksigen dan 118 di Kalteng

Dinkes Kalteng luncurkan mobil oksigen. (Foto: Dinkes Kalteng)
InfoPBUN, PALANGKA RAYA - Menindaklanjuti instruksi Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran untuk mempercepat langkah mengatasi dampak kabut asap, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng gencarkan Public Safety Center (PSC) dengan mendirikan 118 ruang oksigen tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Kalteng dan mobil oksigen.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinkes Kalteng Sayuti Syamsul menyampaikan, melalui PSC ada pembebasan biaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS, selain itu pihaknya juga telah mendistribusikan logistik berupa masker, makanan tambahan dan obat-obatan serta penambahan rumah oksigen.
"Dari sisi kesehatan memang belum masuk kategori luar biasa atau bencana, data di kami yang terkena ISPA naiknya hanya 10 sampai 20 persen," ujar Suyuti, Rabu (18/9) kepada InfoPBUN.
Suyuti menyampaikan, bahwa hari ini Rabu (18/9) mobil oksigen Provinsi Kalteng resmi diluncurkan untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan. "Selanjutnya Kabupaten/Kota akan memperluas melalui mobil ambulance dengan oksigen ke titik-titik kumpul masyarakat," imbuhnya.
Selain itu, untuk anggota Tim Satgas Karhutla di Kalteng, menurut laporan dari Rumah Sakit hanya ada beberapa petugas yang terpapar ISPA. "Kami mendapatkan laporan dari Rumah Sakit (Rumah Sakit tidak wajib lapor mengenai pemeriksaan Tim Satgas Karhutla), hanya ada beberapa petugas, tidak parah, hanya mungkin capek dan di kasih oksigen bisa pulih kembali," ungkapnya. (Joko Hardyono)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan