kumparan
News11 Juli 2019 22:23

Sinergitas Pemkab Kobar dan TNI AD Program TMMD ke-105

Konten Redaksi Infopbun
40cb6c0ae5d5db406523a5f45559bd2f.jpg
Bupati Kobar Nurhidayah saat menjadi inspektur upacara Pembukaan TMMD ke-105. (Foto: Joko Hardyono)
InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah menjadi inspektur upacara pembukaan TNI AD Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 di wilayah Kodim 1014/PBN, yang dilaksanakan di Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kobar, Kalteng, Kamis (11/07).
ADVERTISEMENT
Nurhidayah mengapresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Dandim 1014/PBN beserta segenap prajurit TNI atas terlaksananya kegiatan TMDD di Kelurahan Pangkut ini. Semoga melalui kegiatan ini peran serta TNI dalam menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat semakin kuat.
"Saya berharap semangat prajurit TNI Kodim 1014/PBN yang telah hadir di sini dapat diikuti oleh warga masyarakat sehingga bersama-sama kita bangun dan kita giatkan pembangunan yang lebih baik kedepan," ujar Nurhidayah.
Nurhidayah menjelaskan seperti amanat Panglima TNI Republik Indonesia pada rapat paripurna kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa yang dilaksanakan sejak tahun 1980 merupakan bentuk keterpanggilan dan partisipasi TNI dalam mendukung percepatan pembangunan nasional sampai ke seluruh wilayah NKRI.
"Khususnya daerah yang membutuhkan seperti daerah terisolir, terpencil, daerah tertinggal, daerah perbatasan serta daerah yang terkena bencana," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Pembangunan di wilayah pedesaan sebagaimana integral dari pembangunan nasional mempunyai arti yang strategis dalam meningkatkan taraf hidup dan kualitas masyarakat desa yang merupakan salah satu sumber kekuatan dalam melaksanakan sistem pertahanan semesta rakyat.
Melihat dari tujuan kegiatannya, lanjut Nurhidayah, TMMD sejatinya bukan program TNI semata melainkan merupakan program terpadu lintas sektoral, TMMD sesungguhnya merupakan program bersama antara TNI, Kementerian lembaga pemerintahan, pemerintah daerah dan komponen lainnya yang dilaksanakan bersama rakyat.
"Untuk itu saya sangat menyambut baik dan memberi dukungan penuh atas terlaksananya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa yang kita selenggarakan ini, saya menyakini bahwa kegiatan TMMD ini sangat dirasakan sekali manfaatnya baik bagi pemerintah daerah maupun masyarakat pedesaan," tandasnya.
Keterlibatan TNI di dalam membangun desa tersebut juga bertalian dengan visi dan misi yang merupakan prioritas pembangunan dari kepemimpinan Nurani selama lima tahun yakni Pembangunan Daerah akan dimulai dari diberdayakan melalui Pembangunan Daerah pinggiran atau pedesaan.
ADVERTISEMENT
Melalui strategi pembangunan infrastruktur yang merata dan optimalisasi potensi sumber daya lokal dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat desa inilah harapan kami bahwa percepatan pembangunan desa dengan keterlibatan stakeholder terkait baik TNI pihak swasta ataupun perusahaan serta elemen lainnya dapat disinergikan agar bersama-sama bergotong-royong curahkan segenap energi kemampuan dan sumber daya lain yang kita miliki demi membantu terwujudnya masyarakat desa yang bahtera. (Joko Hardyono)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan