News
·
14 April 2021 14:42

Takut Istri karena Motor Ditarik Lising, Pria di Kalteng Sebarkan Hoaks Dibegal

Konten ini diproduksi oleh InfoPBUN
Takut Istri karena Motor Ditarik Lising, Pria di Kalteng Sebarkan Hoaks Dibegal (487769)
Penyebar hoaks begal berpistol di Palangka Raya. (FOTO: Humas Polda Kalteng).
PALANGKA RAYA- Beberapa hari ini warga Palangka Raya, Kalimantan Tengah dihebohkan dengan informasi tak benar terkait pembegalan berpistol di Jalan Cendrawasih, Palangka Raya. Kabar bohong meresahkan tersebut viral disejumlah media sosial.
ADVERTISEMENT
Adanya informasi tersebut Tim Siber Bidhumas Polda Kalteng langsung melakukan penelusuran dan akhirnya menemukan penyebarnya serta fakta sesungguhnya.
"Setelah diselidiki ternyata sepeda motor tersebut tidak dibegal melainkan diambil oleh pihak lembaga pembiayaan karena yang punya sepeda motor menunggak satu tahun tidak bayar cicilan," ujar Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Eko Saputro, Rabu (14/4).
Eko mengatakan Polda dan Polresta Palangka Raya tidak pernah menerima laporan masyarakat terkait kejadian tersebut, Rabu (14/4/2021) pagi.
"Informasi viral ini sudah membuat kegaduhan dan keresahan di masyarakat. Hasilnya, kami tadi malam, Selasa (13/4) berhasil mengamankan Indra Gunawan (28) pelaku pembuat dan penyebar hoaks begal tersebut," beber Kabidhumas.
Pelaku yang bekerja sebagai office boy di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Palangka Raya tersebut diamankan di rumahnya Jalan Simpei Karuhui Kota Palangka Raya.
ADVERTISEMENT
Menurut pengakuannya, sepeda motor tersebut sebenarnya tidak dibegal tapi diambil pihak leasing atau pembiayaan karena pelaku setahun yang lalu pinjam uang dengan jaminan BPKB sepeda motor dan tidak dibayar cicilannya selama satu tahun.
"Indra mengaku takut dengan istrinya karena pada waktu menjaminkan BPKB sepeda motor untuk meminjam uang di pembiayaan tanpa sepengatahuan istrinya. Kemudian dia cari alasan seolah-olah motornya dibegal," pungkasnya.