kumparan
9 September 2019 23:15

Tidak Pandang Bulu, Pelaku Pembakar Lahan Harus Ditindak Tegas

20190906_103427.jpg
Anggota DPRD Kobar Tuslam Amirudin saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: Joko Hardyono)
InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Tuslam Amirudin soroti maraknya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kabupaten Kobar, akibatnya kabut asap mulai menyelimuti Kabupaten Kobar dalam sepekan ini dan mulai menganggu aktivitas dan kesehatan.
ADVERTISEMENT
Menurut Tuslam, Pemkab Kobar dan sejumlah instansi terkait harus mengambil sikap tegas dalam mencegah dan melakukan penindakan agar kebakaran lahan tidak lagi terjadi. Selain itu, aparat penegak hukum juga harus bertindak tegas dan adil terhadap pelaku pembakaran lahan tanpa pandang bulu agar ada efek jera.
"Kepolisian agar tegas dan adil dalam menindak pelaku karhutla. Karena dampaknya ini sangat luar biasa bagi kesehatan," ujar Tuslam, Senin (9/9).
Tuslam juga mengapresiasi upaya Tim Satgas Karhutla Kobar yang telah berupaya memadamkan api dan mengamankan pelaku pembakaran lahan yang terjadi di Bumi Marunting Batu Aji.
"Jadi tidak boleh pandang bulu. Ini merupakan bentuk keadilan. Jadi siapapun yang melakukan pembakaran harus ditindak tegas," tegasnya.
Tuslam berharap, dengan diamankannya beberapa pelaku pembakar lahan akan menjadi contoh sebagai efek jera agar yang lain tidak melakukan tindakan serupa. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk selalu berkoordinasi dengan Tim Satgas Karhutla Kobar agar dapat meminimalisir terjadinya Karhutla.
ADVERTISEMENT
"Mari kita sama-sama menjaga lingkungan jangan lagi menambah karhutla. Yang sudah terjadi ini diatasi dan jangan sampai ada lagi," himbaunya. (Joko Hardyono)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan