kumparan
16 September 2019 10:41

Bahaya Kabut Asap, Kami Bagikan Masker N95 untuk Warga Riau

Pembagian masker N95 untuk masyarakat Kelurahan Tampan, Riau.
Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Riau membagikan 250 masker N95 untuk warga Riau, tepatnya di Kelurahan Tampan, Riau.
ADVERTISEMENT
Inisiasi tersebut berawal dari informasi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, yang menyebut saat ini Provinsi Riau sebagai wilayah dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terluas, hingga mencapai lebih dari 40.000 hektare. Tim IZI perwakilan Riau pun berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.
Penyaluran masker N95 oleh Tim IZI perwakilan Riau.
Dari hasil pengamatan serta temuan Tim IZI perwakilan Riau, kabut asap masih sangat tebal dan jarak pandang di sana hanya sekitar 300 meter. Sejauh ini belum ada program penanganan dampak asap dari aparat desa mau pun kecamatan. Menurut informasi, masyarakat yang terjangkit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) semakin meningkat. Tak hanya itu, kegiatan ekonomi di Kota Pekanbaru pun kian menyepi.
Meski demikian, sayangnya masih banyak masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan masker. Hal ini karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker.
ADVERTISEMENT
Rencananya, dalam waktu dekat Tim IZI Riau akan kembali membagikan masker N95 dan Oxycan, sejumlah kebutuhan masyarakat. Selain itu, akan diadakan sosialisasi tentang pentingnya penggunaan masker saat berada di luar ruangan.
Untuk penggalangan bantuan, akan difokuskan di lokasi Pos Bantuan Tengkerang Bar, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.
Sumber: Humas IZI/ Fazri
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan