News
·
31 Agustus 2020 17:46

IZI Bagikan Paket Logistik dan Medis Kepada Korban Erupsi Sinabung

Konten ini diproduksi oleh Inisiatif Zakat Indonesia IZI
IZI Bagikan Paket Logistik dan Medis Kepada Korban Erupsi Sinabung (69240)
"IZI Bagikan Paket Logistik dan Medis Kepada Korban Erupsi Sinabung" - M. Iqbal Farizi selaku Kepala IZI Sumatera Utara ikut dalam penyaluran paket logistik dan medis bagi warga korban terdampak erupsi Gunung Sinabung. Dok. IZI
Medan (IZI News) - Inisiatif Zakat Indonesia melakukan misi kemanusiaan bagi korban terdampak erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sejumlah Maker N-95, 100 paket obat tetes mata, dan 100 paket obat kulit, disalurkan kepada warga pengungsi.
ADVERTISEMENT
Hingga kini (31/9), warga yang tinggal di dekat Gunung Sinabung belum dapat beraktivitas secara normal. Laporan dari BPBD Sumatera Utara, abu vulkanik yang tebal mengarah ke wilayah timur-tenggara kabupaten Karo.
Akibat tiupan abu vulkanik tersebut, tiga kecamatan seperti Namanteran, Brastagi, dan Merdeka terpapar udara berkategori membahayakan kesehatan manusia.
Sebagaimana diketahui, Gunung Sinabung kembali erupsi setelah mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter di atas puncak gunung (13/08) .
Tidak hanya obat-obatan, Inisiatif Zakat Indonesia perwakilan Sumatera Utara menyalurkan 100 karung beras, dan 5.000 Liter air bersih kepada penyintas erupsi Gunung Sinabung.
Bantuan berupa logistik dan obat-obatan tersebut didistribusikan langsung kepada warga Desa Ndeskati di Kecamatan Namanteran. Desa ini salah satu lokasi terpapar paling parah abu vulkanik Sinabung. Seluruh desa tampak memutih akibat hujan abu tersebut.
ADVERTISEMENT
Rahman Ginting merupakan warga Desa Ndeskati yang menginformasikan kepada Tim IZI warga masih tampak waspada dengan kemungkinan terburuk yang ada.
Dirinya juga bersyukur atas bantuan para donatur yang ikut dalam program gotong royong membantu korban terdampak erupsi Sinabung bersama Inisiatif Zakat Indonesia ini.
"Semoga dengan bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari warga pengungsi, serta menjaga kesehatan mereka dari abu vulkanik yang dikeluarkan oleh Gunung Sinabung," harapnya.
IZI Bagikan Paket Logistik dan Medis Kepada Korban Erupsi Sinabung (69241)
"IZI Bagikan Paket Logistik dan Medis Kepada Korban Erupsi Sinabung" - M. Iqbal Farizi (berdiri paling kiri), Kepala IZI Sumatera Utara, dan Rulianto (paling kanan) selaku fasilitator BPBD Kabupaten Karo, berpose bersama warga terdampak erupsi Sinabung yang mendapatkan bantuan logistik dan medis. Dok. IZI
Ucapan senada disampaikan Rulianto, selaku Fasilitator BPBD Kabupaten Karo. Dirinya mengucapkan rasa terima kasih kepada IZI yang telah membantu tugas mereka.
"Meski bantuan para donatur IZI jauh-jauh datang, saya harapkan masyarakat Kabupaten Karo tetap waspada dan menjaga kesehatan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan," ucap Rulianto.
ADVERTISEMENT
M. Iqbal Farizi, Kepala Pewakilan Inisiatif Zakat Indonesia Sumatera Utara yang ikut dalam penyaluran tersebut berharap yang sama dengan Rulianto.
"Sebagaimana yang dikatakan Pak Rulianto, kami dari lembaga zakat nasional ini menghimbau agar masyarakat mematuhi himbauan pemerintah demi keselamatan bersama," sambutnya.
Aksi penyaluran bantuan bagi pengungsi Sinabung ini juga didukung oleh Bulan Sabit Merah Indonesia dan Tagan JNE.
"Semoga aksi Gotong Royong dengan Zakat demi membantu warga terdampak erupsi Gunung Sinabung kali ini menjadi jalan bagi kelapangan rezeki kita, dan memudahkan segala urusan kita di dunia maupun di akhirat," tutup M. Iqbal Farizi. (Ed/Friskal/IZI Sumut)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white