kumplus- Opini Insan Ridho

Mentalitas Kawanan dan Hilangnya Kepekaan di Jalan

Pekerja Transportasi. Lulusan MSc Transport Planning and Engineering di Newcastle University, Inggris.
18 Maret 2022 11:16
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Dua orang anak menjadi korban kecelakaan di daerah Pangandaran, 12 Maret 2022 lalu. Sepasang anak kembar tersebut meninggal dunia, ditabrak dua motor iring-iringan sepeda motor gede (moge) yang melaju kencang. Belakangan, dua pengendara moge itu ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Kepolisian Daerah Jawa Barat.
Di luar soal islah dan tuntutan hukum, isu yang cukup penting dari kejadian tersebut adalah perkara rombongan kendaraan. Rombongan kendaraan dengan jenis apa pun, dari moge, sports car, sampai sepeda sering kali mengundang perhatian masyarakat. Segala kejadian termasuk kecelakaan yang terkait dengan rombongan kendaraan selalu menjadi topik pembicaraan.
Karakteristik unik dari rombongan kendaraan tergambarkan dalam konsep herd mentality atau mentalitas kawanan. Sesuai definisi pada kamus Merriam-Webster, mentalitas kawanan adalah kecenderungan orang dalam suatu kelompok untuk berpikir dan bertindak. Pemikiran dan tindakan tersebut akan sesuai dengan tingkah laku orang-orang yang berada dalam grup tersebut, bukan lagi sesuai dengan individu terkait.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanplus
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanplus
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Mobil listrik tak bisa dilihat sebagai jawaban atas segala permasalahan terkait BBM. Apalagi dengan harga yang selangit, infrastruktur yang belum siap, dan insentif terbatas. Kolom Insan Ridho di daftar konten.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten