15 Ucapan Bela Sungkawa Islam Penuh Doa dan Menyentuh Hati

Menyajikan artikel berisi kata-kata, kutipan, dan kalimat yang menginspirasi pembaca.
Konten dari Pengguna
18 Mei 2022 15:24
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Inspirasi Kata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
15 Ucapan Bela Sungkawa Islam Penuh Doa dan Menyentuh Hati  (146179)
zoom-in-whitePerbesar
Ucapan Bela Sungkawa Islam, Foto : Pixabay/GoranH
ADVERTISEMENT
Kehilangan salah satu anggota keluarga memang momen menyedihkan. Itu sebabnya ketika ada teman, saudara, atau kolega yang sedang berkabung, maka kita kerap memberikan ucapan belasungkawa. Lalu ucapan belasungkawa Islam seperti apa ? Simak contoh-contohnya di artikel ini.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Sejarah sebelum Islam Politik, Hukum, dan Tata Pemerintahan, Dr. Jawwad Ali, 2019, bahwa pada zaman jahiliah bangsa Arab Badui masa berkabung dilakukan selama 1 tahun. Tradisi seperti itu berlangsung hingga saat ini. Namun masanya tidak selama zaman dulu. Di Irak misalnya, masa berkabung dilakukan selama 7 hari setelah orang yang meninggal dikuburkan.

Ucapan Bela Sungkawa Islam

Memberi ucapan duka cita Islami khusnul khotimah merupakan hal yang sangat terpuji. Selain menguatkan orang yang ditinggal, juga mendoakan orang yang meninggal. Selanjutnya silahkan disimak deretan 15 ucapan bela sungkawa Islam berisi doa yang menyentuh hati :
  1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya.
  2. Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.
  3. Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Amin.
  4. Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin.
  5. Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya.
  6. Selamat jalan teman baikku, mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Amin ya rabbal’alamin.
  7. Rezeki, jodoh dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman.
  8. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama dengan orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin ya rabbal’alamin.
  9. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan memberinya kedamaian abadi. Allah selalu menyayangi orang-orang yang beriman kepada-Nya.
  10. Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya karena segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergiannya.
  11. Selamat jalan teman sejatiku, aku teman hanya bisa mendoakanmu dari sini. Semoga seluruh doa yang ku panjatkan untukmu ini didengar dan diijabah oleh Allah SWT. Serta semoga Allah SWT menempatkanmu di tempat yang terbaik.
  12. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan Allah SWT berikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.
  13. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Kami turut berdukacita atas kepergian almarhum, semoga beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.
  14. Almarhum/almarhumah sangat baik dan murah hati sepanjang hidupnya. Semoga Allah SWT memberikan balasan terbaik bagi almarhum/almarhumah dan menempatkan pada surga yang terbaik. Aamiin.
  15. Semoga Allah SWT menempatkan almarhum/almarhumah di Jannatul Firdaus.
15 Ucapan Bela Sungkawa Islam Penuh Doa dan Menyentuh Hati  (146180)
zoom-in-whitePerbesar
Foto : Pexels/Tara Winstead
Ucapan turut berduka cita singkat Islam seperti di atas bisa Anda jadikan referensi untuk memberikan ucapan belasungkawa kepada teman atau kolega. Contoh-contoh d iatas merupakan ucapan yang mengandung doa dan menyentuh hati.(LIA)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020