20 Kata-kata Cemburu Bahasa Jawa dan Artinya

Menyajikan artikel berisi kata-kata, kutipan, dan kalimat yang menginspirasi pembaca.
Konten dari Pengguna
23 November 2022 15:21
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inspirasi Kata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kata-kata Cemburu Bahasa Jawa. Foto: Unplash/Chandler Cruttenden
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kata-kata Cemburu Bahasa Jawa. Foto: Unplash/Chandler Cruttenden
ADVERTISEMENT
Memiliki rasa cemburu kepada pasangan atau pacar memang suatu hal yang sangat wajar di setiap hubungan percintaan. Nah, Kata-kata cemburu bahasa Jawa ini bisa kamu jadikan referensi untuk menggambarkan keadaan yang sedang kamu rasakan.
ADVERTISEMENT
Langsung saja intip beberapa kata-kata cemburu menggunakan bahasa Jawa dalam artikel berikut.

20 Kata-kata Cemburu Bahasa Jawa dan Artinya

Ilustrasi Kata-kata Cemburu Bahasa Jawa. Foto: Unplash/negar nikkhah
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kata-kata Cemburu Bahasa Jawa. Foto: Unplash/negar nikkhah
Ini dia kumpulan kata-kata cemburu bahasa Jawa dan artinya, yang dikutip dari situs momjunction.com, yourtango.com, dan goodreads.com.
  1. "Aku ora ngandel yen katresnan bisa njupuk wujud liyane saka aku: Aku ngukur katresnan kanthi tingkat cemburuku, lan kanthi standar kasebut, mesthine dheweke ora bisa tresna marang aku." ("Aku menolak untuk percaya bahwa cinta dapat mengambil bentuk lain selain aku: aku mengukur cinta dengan tingkat kecemburuanku, dan dengan standar itu, tentu saja, dia tidak bisa mencintaiku sama sekali."
  2. "Diubengi dening geni meri, sing drengki mabur, kaya kalajengking, ngarahake sengatan racune dhewe." ( “Dikelilingi oleh api kecemburuan, si pencemburu melayang, seperti kalajengking, mengarahkan sengat beracunnya ke dirinya sendiri.”)
  3. "Katresnan ora menehi apa-apa kajaba awake dhewe lan ora njupuk apa-apa kajaba saka awake dhewe, Katresnan ora duwe lan ora bakal duwe: Amarga katresnan iku cukup kanggo katresnan." ( “Cinta tidak memberikan apa-apa selain dirinya sendiri dan tidak mengambil apa pun kecuali dari dirinya sendiri, Cinta tidak memiliki dan tidak akan dimiliki: Karena cinta sudah cukup bagi cinta.”)
  4. "Cemburu iku penyakit kuning saka jiwa." ("Kecemburuan adalah penyakit kuning dari jiwa.")
  5. "Kualitas paling ala sing kudu dihindari saben wong yaiku rasa cemburu." (“Sifat paling jelek yang harus dihindari setiap orang adalah kecemburuan.”)
  6. "Cemburu iku penyakit sing, yen ora ditambani, bakal ngrusak kabeh manungsa." (“Kecemburuan adalah penyakit yang jika tidak disembuhkan, akan menghancurkan seluruh umat manusia.”)
  7. "Aku percaya yen ora ana bedane antarane rasa cemburu lan rasa ora aman." ("Aku percaya bahwa tidak ada perbedaan antara kecemburuan dan ketidakamanan sama sekali.")
  8. “Cemburu iku ora apik kanggo kesehatan. Iku pembunuh bisu, penyakit sing ora bisa ditambani." (“ Cemburu tidak baik untuk kesehatanmu. Itu adalah silent killer, penyakit yang tidak bisa diobati.”)
  9. "Cemburu iku emosi sing kuat sing bisa ngrusak hubungan sing kuwat." (“Kecemburuan adalah emosi kuat yang dapat merusak hubungan kuat apa pun .”)
  10. "Sampeyan ora bisa ngomong apa sing kudu dirasakake lan ora dirasakake nalika sampeyan cemburu. Iku kaya racun sing alon-alon mateni sampeyan." ( “Kamu tidak bisa memberi tahu pikiranmu apa yang harus dirasakan dan tidak dirasakan ketika kamu cemburu. Itu seperti racun yang perlahan akan membunuhmu.”)
  11. Nalika pacaran, wong lanang sejati ora nggawe wong wadon iri marang wong liya, nanging wong liya iri karo wong wadon. (Saat menjalin hubungan, pria sejati tidak membuat wanitanya cemburu pada orang lain, dia membuat orang lain cemburu pada wanitanya).
  12. Aku percoyo yen wong cemburu, murka, getir, lan egois iku sing pertama balapan munggah gunung. Wong sing percaya diri seneng lelungan, wong sing ditemoni ing dalan lan ndeleng urip ora minangka kompetisi. Dheweke tekan puncak pungkasan amarga ngerti yen Gusti Allah ora ngenteni dheweke ing ndhuwur. Dheweke ana ing ngisor iki nulungi para pengikute supaya ngerti yen pandelengan iku mulya ing ngendi wae sampeyan ngadeg. (Aku yakin bahwa yang cemburu, yang marah, yang getir, dan yang egois adalah yang pertama berlomba ke puncak gunung. Orang yang percaya diri menikmati perjalanan, orang-orang yang mereka temui di sepanjang jalan dan memandang hidup bukan sebagai persaingan. Mereka mencapai puncak terakhir karena mereka tahu Tuhan tidak menunggu mereka di puncak. Dia di bawah membantu para pengikutnya untuk memahami bahwa pemandangan itu mulia di mana pun kamu berdiri).
  13. Rasa cemburu ora nate puas karo apa wae kajaba kemeruhan sing bakal ndeteksi lipatan ati sing paling halus. (Kecemburuan tidak pernah puas dengan sesuatu selain kemahatahuan yang akan mendeteksi lipatan hati yang paling halus).
  14. Siji-sijine wong sing kudu sampeyan perduli ing urip yaiku wong sing ora peduli karo sapa wae. Iki wong-wong sing pungkasane mulang anak-anakmu. (Satu-satunya orang yang harus Anda perhatikan dalam hidup adalah orang-orang yang tidak peduli tentang apa pun atau siapa pun. Inilah orang-orang yang akhirnya mengajar anak-anak Anda).
  15. Urip iku endah banget, nganti pati wis ditresnani, rasa cemburu lan posesif sing ngrebut apa sing bisa ditampa. (Hidup begitu indah sehingga kematian telah jatuh cinta padanya, cinta yang cemburu dan posesif yang merebut apa yang bisa didapatnya).
  16. "Wong sing cemburu iku kesurupan setan edan lan roh sing kusam ing wektu sing padha." ("Orang yang cemburu dirasuki oleh iblis gila dan roh tumpul pada saat bersamaan.")
  17. "Cinta ora kudu cemburu utawa liya-liyane. Iku kudu komitmen lan bisa dipercaya wong kasebut. Yen sampeyan ora bisa duwe, mula ana masalah." ("Cinta seharusnya tidak tentang kecemburuan atau semacamnya. Itu harus tentang komitmen dan kemampuan untuk mempercayai orang itu. Jika kamu tidak dapat memilikinya sejak awal, ada masalah.")
  18. "Wong cemburu iku nglarani wong liya, nanging nyiksa awake dhewe." ("Orang yang cemburu menyusahkan orang lain, tetapi siksaan bagi diri mereka sendiri.")
  19. "Cemburu iku penyakit, katresnan iku kondisi sing sehat, pikiran sing durung diwasa asring salah siji liyane, utawa nganggep yen luwih gedhe katresnan, luwih gedhe rasa cemburu." ("Cemburu adalah penyakit, cinta adalah kondisi yang sehat, pikiran yang belum dewasa sering salah mengira satu sama lain, atau berasumsi bahwa semakin besar cinta, semakin besar kecemburuannya.")
  20. "Ing rasa cemburu, ana luwih tresna marang awake dhewe tinimbang katresnan." ("Dalam kecemburuan, ada lebih banyak cinta diri daripada cinta.")
ADVERTISEMENT
Semoga beberapa kata-kata cemburu bahasa Jawa di atas bermanfaat untuk kamu semua, ya!(diah)
editor-avatar-0
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020