3 Rekomendasi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Menyajikan artikel berisi kata-kata, kutipan, dan kalimat yang menginspirasi pembaca.
Konten dari Pengguna
10 April 2022 15:58
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Inspirasi Kata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
3 Rekomendasi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh (5727)
zoom-in-whitePerbesar
Rekomendasi Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh, Foto : Pexels/CDC
ADVERTISEMENT
Daya tahan tubuh sangat dibutuhkan untuk menangkal virus. Hanya dengan daya tahan tubuh yang baik virus yang masuk dalam tubuh tidak akan bertahan lama. Untuk itu perlu rekomendasi vitamin untuk daya tahan tubuh agar virus gagal menyebabkan infeksi.
ADVERTISEMENT
Apabila daya tahan tubuh sangat bagus saat virus menyerang, maka di dalam tubuh terbentuk antibodi yang membuat serangan virus tidak mempan lagi. Asupan makanan ataupun vitamin untuk antibody dewasa banyak ragamnya.
3 Rekomendasi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh (5728)
zoom-in-whitePerbesar
Foto : Unsplash/Diana Polekhina

Rekomendasi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Dikutip dari buku Virus Corona Baru COVID-19 : Kenali, Cegah, Lindungi Diri, Prof. Dr. Hans Tandra (2021), berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan bahwa asupan makanan bergizi dapat meningkatkan imun tubuh.
Berikut ini rekomendasi vitamin untuk daya tahan tubuh dan asupan makanan bergizi untuk meningkatkan imun :
  1. Vitamin C. Vitamin ini sebagai antioksidan mempunya manfaat yang banyak untuk diri kita. Selain bisa menyembuhkan luka, vitamin ini dapat meningkatkandaya tahan tubuh dan juga berguna untuk anti penuaan. Makanan yang mengandung vitamin C ini sangat banyak ragamnya. Buah-buahan dengan kandungan vitamin C antara lain : jeruk, stroberi, kiwi. Sedang sayuran yang kaya akan vitamin ini adalah brokoli.
  2. Vitamin D. Vitamin ini dalam peranannya atas serangan virus adalah untuk meningkatkan imun terhadap infeksi. Selain itu juga berperan dalam mempercepat kesembuhan, memerangi flu, dan vitamin ini bersifat antiradang. Makanan yang banyak mengandung vitamin D antara lain : ikan berlemak, kuning telur, keju, hati sapi, susu, sereal dan jus, serta jamur.
  3. Mineral Seng (Zn). Mineral ini mempunyai peranan dalam meningkatkan imun tubuh. Mineral Sengn bertanggung jawab dalam respons sel darah putih terhadap infeksi pada tubuh. Kekuranagn mineral seng bisa menyebabkan tubuh rentan terhadap flu, influenza, mauoun infeksi lain. Makanan yang mengandung mineral seng ini antara lain, makanan biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.
  4. Kunyit (Turmeric). Kunyit yang merupakan bumbu masakan ini mengandung senyawa curcumin yang berwarna kuning cerah. Curcumin inilah yang berperan meningkatkman fungsi kekebalan tubuh serta bersifat antibacteri dan anti oksidan.
  5. Echinacea. Ini adalah sejenis tanaman berbunga yang tumbuh di Amerika dan Kanada. Tanaman ini telah digunakan sebagai suplemen, ekstrak cair , dan teh dari daun, batang, dan akarnya. Dari penelitian disimpulkan bahwa ekstrak echinacea ini mampu meningkatkan sistemn kekebalan tubuh.
  6. Bawang putih (Garlic). Bumbu yang satu ini memiliki aroma khas yang bisa memberi efek sebagai antibakteri dan antivirus. Paling maksimal bisa melawan virus flu.
  7. Sayur dan buah dengan kadar serat tinggi. Makanan dengan kadar serat tinggi sangat membantu tubuh dalam proses metabolisme. Selain itu sayuran dan buah-buahan juga merupoakan makanan yang kaya akan zat antioksidan yang berfungsi menghalau radikal bebas . Sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
3 Rekomendasi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh (5729)
zoom-in-whitePerbesar
Foto : Pixabay/healthguru
Beberapa rekomendasi diatas merupakan jenis vitamin yang disarankan dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hanya dengan kekebalan tubuh yang bagus, maka virus yang bersifat viral terbatas tidak akan bertahan lama di tubuh kita. Salam sehat selalu.(Lia)
ADVERTISEMENT