kumparan
20 Mar 2019 10:16 WIB

6 Cara Jitu Merawat Rambut Bagi Wanita Berhijab

Memiliki rambut yang cantik dan sehat tentu menjadi impian semua wanita, termasuk bagi para hijabers. Walau tertutup hijab, bukan berarti masalah rambut seperti ketombe, kasar, dan mudah rontok dibiarkan begitu saja.
ADVERTISEMENT
Agar bisa mendapatkan rambut yang bersih dan sehat, ketahui tips berikut ini.
1/ Gunakan hijab sesuai aktivitas
Bahan hijab ternyata sangat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala kita. Keadaan kepala yang lembap dapat mengakibatkan rambut mudah lepek hingga berketombe. Nah, jangan sampai keadaan kulit kepala yang nggak sehat tersebut menguarkan bau tak sedap dari kepala kamu.
Untuk aktivitas di luar ruangan, lebih baik pilih hijab berbahan ringan yang sejuk dan menyerap keringat. Sementara, untuk acara malam yang lebih formal, baru deh kita boleh mengeluarkan hijab berbahan sutera yang cantik dan elegan.
2/ Hindari mengikat rambut terlalu kencang
Mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan rambut menjadi rusak, menimbulkan bekas ikatan, dan mudah rontok. Untuk mengantisipasi kerusakan pada rambut, kita bisa menggunakan jepit khusus rambut atau mengendurkan ikatan rambutmu.
ADVERTISEMENT
3/ Menyisir dan menggerai rambut
Meski memakai hijab, kita juga harus menyempatkan diri untuk menyisir dan menggerai rambut saat di rumah. Alasannya adalah supaya rambut tidak mudah kusut dan dapat ‘bernapas.’
4/ Hindari menggunakan hijab saat rambut rusak
Menggunakan hijab dalam kondisi rambut yang basah bisa mengakibatkan rambut kita menjadi lembap, bau, hingga berketombe. Alangkah baiknya bila kita mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum beraktivitas ke luar rumah.
Selain itu, aturlah waktu keramas. Bila memang memungkinkan, keramaslah satu sampai dua jam sebelum memakai hijab agar rambut tidak basah saat mengenakan hijab. Selain itu, jika ada waktu luang dan tidak ada rencana ke luar manfaatkan waktumu untuk melakukan perawatan rambut.
ADVERTISEMENT
5/ Gunakan sampo yang sesuai
Pemilihan jenis sampo juga sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Beberapa merk sampo khusus dirancang untuk menangani berbagai masalah rambut. Bahkan saat ini sudah ada sampo yang dirancang khusus untuk digunakan oleh wanita yang berhijab.
6/ Konsumsi vitamin
Merawat rambut bukan hanya dari luar saja, tetapi juga harus dilakukan dari dalam. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan omega-3, protein, zat besi dan vitamin dapat membantu merawat rambutmu agar tetap sehat.
Bagaimana Sobat Shopee, mudah bukan untuk dilakukan? Yuk rawat rambut mulai dari sekarang!
Insiwi Dela Yesa
Main image: irishexaminer.com
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan