Pencarian populer
USER STORY

Mau Bikin Rumah Anti Nyamuk? Tambahkan 8 Tanaman Pot Ini di Rumah

Musim kemarau menjadi waktu terbaik bagi nyamuk untuk berkembang biak, maka tak heran kalau kamu merasa semakin banyak nyamuk beterbangan di rumah. Nah, supaya rumah terbebas dari nyamuk, kamu memang bisa menggunakan semprotan dan alat anti nyamuk. Tapi tak hanya itu saja, ada cara yang lebih aman untuk mengusir nyamuk dari rumah lho, yakni dengan menambahkan 10 tanaman anti nyamuk berikut ini:

DAUN MINT

Daun yang biasanya ditambahkan pada minuman dan makanan ini ternyata juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk yang baik, lho. Bau menyengat yang dikeluarkan akan membuat nyamuk pergi dari rumah.

LAVENDER

Pasti sudah banyak yang tahu kalau tanaman lavender sangat ampuh dalam mengusir nyamuk. Tanaman yang paling sering digunakan dalam semprotan anti nyamuk ini juga mengeluarkan aroma sedap sehingga bisa sekalian digunakan sebagai pengharum ruangan. Simak cara menanam bunga lavender di sini.

GERANIUM

Kalau lebih menyukai tanaman berbunga, kamu bisa memilih geranium, Sobat Shopee. Apalagi perawatannya pun tidaklah sulit. Selain sebagai pengusir nyamuk, warna-warna cantik dari bunga geranium juga bisa mempercantik ruangan kamu.

EUKALIPTUS

Eukaliptus sangat bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari meredakan batuk dan flu, hingga meringankan pegal-pegal. Tak hanya itu saja, eukaliptus juga merupakan tanaman pengusir nyamuk yang baik, lho.

BAWANG PUTIH

Bukan hanya kita saja yang tidak menyukai bau menyengat dari bawang putih, ternyata nyamuk juga sama, lho. Karena itu, bawang putih seringkali digunakan untuk mengusir nyamuk. Jika kamu tidak kuat dengan baunya, kamu bisa meneteskan beberapa tetes minyak lavender.

SERAI

Source: Naver

Satu lagi tanaman berbau menyengat yang ampuh untuk mengusir nyamuk, yakni serai. Tak hanya nyamuk, kandungan minyak citronella di dalam serai juga mampu mengusir lalat, lho. Kamu juga bisa memanfaatkan serai untuk bahan masakan.

BASIL

Salah satu daun yang sering digunakan pada masakan Italia ini juga efektif mengusir nyamuk. Daun basil mengandung berbagai senyawa anti nyamuk seperti estragole dan nerolidol.

ROSEMARY

Tanaman pengusir nyamuk ini memang lebih dikenal sebagai bahan penyedap rasa makanan. Namun, rosemary juga sangat baik untuk kesehatan, terutama mencegah kerontokan rambut, meningkatkan daya ingat, hingga melawan kanker. Kamu bisa menanamnya di dalam pot dan meletakkannya di dalam ruangan.

Image: Pexels

AM

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.34