• 7

10 Destinasi Wisata di Indonesia untuk Liburan Akhir Tahun

10 Destinasi Wisata di Indonesia untuk Liburan Akhir Tahun



Bedugul

Bedugul bisa jadi destinasi wisata untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam (Foto: Wikimedia Commons)
Sudah memutuskan ke mana kamu akan liburan akhir tahun ini? Kalau kamu masih bingung, kumparan telah merangkum 10 destinasi wisata menarik di Indonesia yang bisa kamu datangi bareng teman-teman, keluarga, atau pacar. Baca terus ya.
1. Bukit Bintang

Bukit bintang

Bukit bintang untuk melihat penampakkan Bandung malam hari (Foto: Wikimedia Commons)
Kalau selama ini kamu ke Bandung hanya belanja atau wisata kuliner, enggak ada salahnya sempatkan diri mengunjungi Bukit Bintang saat malam tahun baru. Tempat yang banyak didatangi anak muda ini menyajikan pendaran cahaya kota Bandung dari ketinggian. Saat malam pergantian tahun tiba, pemandangan kota akan dipercantik dengan meriahnya kembang api.
2. Pulau Macan

Pulau Macan

Lokasinya tidak jauh dari Jakarta, Pulau Macan bisa jadi pilihan berlibur (Foto: Wikimedia Commons)
Pulau Macan biasanya banyak didatangi oleh pasangan yang akan berbulan madu dan hanya menerima 40 orang wisatawan setiap harinya. Letaknya dekat dengan Jakarta, tempat ini bisa jadi pilihan kamu kalau mau kabur sesaat dari hingar-bingar ibukota. Pulau ini menerapkan konsep eco village dan menawarkan berbagai wisata air seperti snorkeling, kano, tracking, coral painting, dan lain-lain.
3. Semarang Atas
Daerah Semarang atas, seperti Gombel, Rinjani, dan Restoran Alam Indah, merupakan spot yang pas untuk menikmati panorama kembang api sekaligus hamparan kota Semarang di malam pergantian tahun. Sambil mendengarkan live music dan atraksi kembang api, kamu akan disuguhkan menu makan malam yang tak kalah istimewa.
4. Gili Trawangan

Gili Trawangan

Gili Trawangan, salah satu tempat wisata populer di kalangan turis asing (Foto: Wikimedia Commons)
Disebut sebagai 'party island' oleh para wisatawan lokal dan mancanegara, Gili Trawangan di Lombok tidak hanya menghadirkan spot pesta yang meriah dan seru, tapi juga pantai indah dengan udara yang segar. Berbagai klub malam di Gili Trawangan akan menghadirkan pertunjukan musik hingga tarian api.
5. Pink Beach

Pink Beach (cover)

Pink Beach untuk tahun baru jauh dari musik dan kembang api (Foto: Wikimedia Commons)
Kalau kamu enggak terlalu suka lokasi yang ramai saat liburan, mungkin Sebui Pink Beach yang berada di Lombok bisa jadi pilihan tepat. Enggak ada suara konser musik atau ledakan petasan dan kembang api, hanya suara debur ombak yang tenang dan jutaan bintang-bintang di langit. Tempat yang cocok untuk kamu yang ingin kabur sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.
6. Bedugul

Bedugul

Bedugul bisa jadi destinasi wisata untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam (Foto: Wikimedia Commons)
Bedugul bisa menjadi destinasi wisata yang cocok untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam di liburan kali ini. Tempat-tempat seperti Danau Beratan dan kebun raya terbesar di Indonesia, Kebun Raya (Eka Karya) Bali bisa dikunjungi di sini. Kalau kamu masih bersemangat menjelajahi Bedugul, Anda juga bisa mencoba tracking di sekitar Danau Tamblingan, Jatiwulih, Munduk, dan Gunung Catur.
7. Karimun Jawa
Di Karimun Jawa, kamu enggak cuma bisa snorkeling atau diving, tapi juga bisa berada satu kolam dengan hiu di kolam penangkaran di Pulau Menjangan Besar. Malam pergantian tahun baru di Karimun Jawa juga tidak kalah seru dengan dentuman musik, kembang api, dan seafood segar nan lezat.
8. Kalibiru Kulonprogo

Kalibiru

Kalibiru mulai populer sejak film AADC2 (Foto: Wikimedia Commons)
Tempat yang satu ini mulai hits setelah muncul dalam film AADC2. Spot ungulan dari wisata alam Kalibiru, Yogyakarta ini adalah tempat foto di atas pohon pinus. Tempat ini menarik karena latar pemandangannya yang istimewa, yaitu hamparan hijau Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo.
9. Kepulauan Derawan
Mungkin Kepulauan Derawan masih terbilang daerah wisata yang tidak terlalu populer, tapi keindahannya tidak kalah dengan daerah wisata air lainnya. Kepulauan yang terdiri dari Pulau Derawan, Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, Nabucco, dan Bakungan ini menawarkan wisata air dan bawah laut.
Selama di sana, kamu bisa berenang, snorkeling, dan diving. Terdapat beberapa penginapan, homestay, cottage yang dibangun di atas laut, villa, hingga resort dengan harga yang cukup bervariatif.
10. Kaliurang

Kaliurang

Kaliurang menawarkan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian (Foto: Wikimedia Commons)
Berbeda dengan destinasi wisata Yogyakarta lainnya, daerah Kaliurang jauh lebih tenang dan tidak berisik. Di Kaliurang, Anda bisa menikmati malam pergantian tahun di hotel yang memiliki rooftop kamu bisa menyaksikan kembang api dengan latar kota Yogyakarta.
Pagi harinya, Anda juga bisa menikmati sunrise dari Kaliadem. Matahari terbit di daerah ini spesial karena kamu bisa melihat sinar matahari yang menyoroti gunung merapi. Jika kamu masih bersemangat untuk menjelajah Kaliurang, Anda juga bisa mengunjungi Museum Ullen Sentalu, museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram.

TravelDestinasiLiburan

500

Baca Lainnya