• 2

15 Fakta Menarik Seputar Keju yang Jarang Diketahui

15 Fakta Menarik Seputar Keju yang Jarang Diketahui


15 fakta menarik keju

15 fakta menarik keju (Foto: Chandra Dyah A/kumparan)
Jika berbicara mengenai olahan susu, keju mungkin menjadi yang paling populer di dunia. Sedikitnya ada 2,000 varietas keju yang tersebar di seluruh dunia, seperti ricotta, feta, cheddar hingga mozzarella yang saat ini telah menjadi primadona pada tren kuliner Tanah Air.
Meski populer, tapi siapa sangka jika tak ada satu orang pun yang tahu siapa yang menemukan keju. Namun para arkeolog telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa pembuatan keju sudah ada sejak 7,000 tahun yang lalu. Wow!
Pembuatan keju pun terbilang mudah. Susu dipanaskan lalu ditambahkan asam dan enzim, kemudian susu akan dipisahkan menjadi dadih padat dan whey cair. Sementara whey dikeringkan, dadih akan diasinkan dan dimasukkan ke dalam cetakan hingga menjadi keju yang kita kenal hingga saat ini.
Tak hanya fakta itu saja, masih banyak fakta keju menarik lainnya yang tak banyak orang tahu. Untuk mengetahuinya, kumparan (kumparan.com) telah mengumpulkan sederet fakta menarik tentang keju. Apa saja?

Keju bikin langsing (COVER)

Keju tinggi akan lemak. (Foto: Thinkstock)
1. Saringan keju kuno ditemukan di Polandia. Para arkeolog menduga umur saringan tersebut sudah ada sejak 7.500 tahun lalu yang menandakan umur dari keberadaan keju di dunia.
2. Butuh sedikitnya 4.500 gram susu untuk membuat 500 gram keju.
3. Para peneliti percaya jika mengkonsumsi keju roqeufort blue cheese akan membantu seseorang hidup lebih lama.
4. Mengandung kalsium yang tinggi, keju baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Keju juga bisa mencegaha kerusakan gigi karena beberaoa jenis keju mampu merangsan produksi air liur yang dapat menghilangkan gula dan asam di mulut.
5. Penelitian tahun 2005 menunjukkan bahwa mengkonsimsi keju saat 30 menit sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Kandungan triptofan asam amino pada keju akan membantu kamu tidur lebuh cepat.
6. Beberapa keju aman dikonsumsi oleh orang yang menderita intoleransi laktosa. Keju berusia tua seperti Parmigiano Reggiano adalah contohnya.
7. Ada keju yang disebut sebagai 'Maggot Cheese' karena bentuknya yang aneh dengan beberapa lubang di dalamnya. Bahkan, ada lalat yang bertelur di dalamnya serta belatung yang berasarang di dalam keju. Meski begitu, keju jenis ini dianggap lezat oleh penduduk di pulau Sardinia.
8. Selain keju kambing, juga ada keju rusa yang diproduksi secara terbatas dengan harga USD 450 per 500 gram atau setara Rp 6 jutaan. Namun, hanya ada tiga rusa saja di dunia yang terbiasa memproduksi keju dan ketiganya hidup di kawasan Bjursholm, Swedia.

Makanan pantang bagi ibu hamil

Keju salah satu makanan yang harus dihindari. (Foto: Thinkstock)
9. Bau tak sedap pada keju berasal dari bakteri Brevibacterium yang juga menghasilkan bau pada kaki.
10. Mantan Ratu Kerajaan Inggris, Ratu Victoria (1819 - 1901) pernah diberikan hadiah pernikahan yang berupa keju cheddar berukuran lebih dari 453 kg.
11. Pembuat keju asal Kanada pernah membuat keju cheddar terbesar di dunia dengan berat berukuran 26089 kg. Dan panjangnya mencapai 9 meter.
12. Keju termahal dibanderol dengan harga USD 600 per 500 gram atau setara Rp 8 juta. Dibuat dari keledai asal Serbia, keju ini mengalami pengasapan terlebih dahulu sebelum akhirnya dipasarkan.

Keju cheddar

Keju cheddar (Foto: Thinstock)
13. Lubang pada keju Swiss diduga bukan disebabkan dari bakteri melainkan dari noda jerami yang ikut masuk ke dalam susu.
14. Jika dalam tayangan film kartun keju identik dengan tikus namun sebenarnya tikus tidak menyukai keju. Dan umumnya tikus lebih menyukai makanan seperti gandum, buah-buahan dan makanan lain yang tinggi gula.
15. Di Amerika Serikat, 4 Juni diperingati sebagai National Cheese Day.

15 fakta menarik keju

15 fakta menarik keju (Foto: Chandra Dyah A/kumparan)


KulinerKejuFakta UnikMakananInfografik

500

Baca Lainnya




}