kumparan
18 Sep 2017 19:31 WIB

3 Poin Penting dalam Mencari Penginapan Online

Travel Fair 2017. (Foto: Thinkstock)
Kemudahan mencari akomodasi atau penginapan saat berlibur, baik di dalam maupun di luar negeri, semakin terasa. Kini banyak orang yang bisa mencari dan memesan penginapan langsung melalui online dengan bantuan situs jasa pemesanan akomodasi. Di sini, kamu bisa mencari langsung tipe penginapan yang dituju, yang bisa disesuaikan dengan kepentingan dan tujuanmu saat berlibur.
ADVERTISEMENT
Sara Elorza, Area Manager Indonesia dari situs pencarian akomodasi Booking.com, kemudian berbagi tips dalam memaksimalkan situs jasa pemesanan akomodasi agar hasilnya lebih efisien. Ada tiga poin penting yang dipaparkannya, apa saja?
1. Ketahui Kebutuhan Utama
Hal pertama yang harus kamu pikirkan kembali adalah, apa yang membuatmu bepergian ke tempat tersebut. Apakah untuk berlibur, mengikuti seminar, ataukah berobat?
Jika kamu memang bertujuan untuk berlibur, kamu bisa mencari akomodasi yang lokasinya dekat dari stasiun atau halte bus. JIka ingin mengikuti seminar atau urusan pekerjaan, pilihlah tempat yang tidak terlalu membuang waktu atau bisa ditempuh dengan jalan kaki. Lain halnya jika kamu pergi untuk berobat, pilihlah akomodasi yang tidak menyulitkan kamu, baik dari segi lokasi maupun tipe akomodasinya.
Travel (Foto: Getty Images)
ADVERTISEMENT
2. Maksimalkan Fitur Filter
Sara mengatakan, calon customer sebaiknya bisa memaksimalkan fitur filter yang sudah tertera di sana. Fitur ini berguna untuk meminimalisir waktu pencarian dan mendekatkan pencarian sesuai dengan keinginan.
"Kalau di booking.com ada beberapa filter dan balik lagi ke customer masing-masing, maunya yang seperti apa karena bisa disesuaikan. Filter itu tidak hanya harga saja, tapi ada tipe akomodasinya, ada ratingnya, lokasi dan fasilitasnya juga bisa di-filter. Kalau dimaksimalkan itu bisa bikin hasilnya pas dan sesuai," jelas Sara saat berbincang dengan kumparan (kumparan.com) di kantor Booking.com, WTC I, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).
Ilustrasi mencari sesuatu di internet. (Foto: Pixabay)
Ia melanjutkan, Booking.com memiliki beberapa tipe akomodasi yang bisa dipilih oleh para customer sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari hotel berbintang, hostel, apartment, hingga guest house dan kamar pribadi.
ADVERTISEMENT
Memiliki kantor yang tersebar di 227 negara dan wilayah di seluruh dunia, Booking.com di Indonesia memiliki lebih dari 15 ribu listing akomodasi yang tersebar di seluruh Indonesia sejak pertama kali membuka cabang di Indonesia pada 2012 silam. Sara mengatakan, angka ini termasuk jumlah yang lumayan besar, mengingat Booking.com memiliki kantor di Jakarta, Yogyakarta dan Bali.
"Bahkan kami ada properties di Raja Ampat, Irian. Karena di sana itu destinasi yang high demand, jadi lebih memudahkan customer kalau proses pemesanan via online. Di setiap wilayah dan negara ada tim yang mengecek langsung ke lokasi untuk memastikan bahwa properti itu bukan 'ghost property'," lanjut wanita asal Spanyol yang sudah 5 tahun berada di Indonesia itu.
ADVERTISEMENT
3. Penting Membaca Ulasan
Poin terakhir yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah membaca ulasan dari para turis lainnya yang pernah menginap di penginapan incaranmu. Review sejatinya sangat berguna untuk meyakinkan dirimu, apakah tempat penginapan yang kamu pilih layak untuku ditinggali atau tidak.
Biasanya, akan ada beberapa turis yang menulis review dengan detail mengenai tempat penginapan tersebut. Tak ada salahnya kamu perhatikan dan membaca dengan teliti.
"Yang menulis review biasanya real customer yang telah merasakan pengalaman langsung di sana dan sifatnya netral. Penting sekali baca review-nya untuk tahu masukan-masukan," tutup Sara mengakhiri perbincangan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan