• 3

5 Makanan yang Bisa Membantu Kamu Mengurangi Stres

5 Makanan yang Bisa Membantu Kamu Mengurangi Stres



Makanan Penghilang Stres

Daging salmon kaya akan omega-2 untuk menghalau hormon kortisol penyebab stres. (Foto: Thinkstock)
Stres bisa dipicu oleh berbagai hal, mulai dari masalah dengan kerabat, urusan pekerjaan, hingga hubungan asmara. Jika sudah seperti itu, tenang dulu dan jangan panik. Ada beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan kadar stres kamu lho. Apa saja sih?
1. Yogurt
Sebuah penelitian dari Oxford University di Inggris menemukan bahwa bakteri yang bersarang di perut dapat menyebabkan stres. Untuk itu disarankan mengonsumsi yogurt yang bisa mengatasai bakteri buruk tersebut.

Makanan Penghilang Stres

Bakteri jahat penyebab stres yang ada di dalam perut bisa dihilangkan dengan mengonsumsi yogurt. Stres hilang, pencernaan juga lancar. (Foto: Thinkstock)
Riset di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat membuktikan bahwa seseorang yang rajin memakan yogurt biasanya mengalami penurunan aktifitas di bagian emosi otaknya, hal itu menunjukkan bahwa kadar stresnya menurun.
2. Ikan Salmon

Makanan Penghilang Stres

Daging salmon kaya akan omega-2 untuk menghalau hormon kortisol penyebab stres. (Foto: Thinkstock)
Saat sedang stres, badan kita mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol. Berkebalikan dengan hormon-hormon tersebut, mengonsumsi salmon yang mengandung omega-3 dan asam lemak justru dapat menghilangkan efek negatif dari stres.
3. Blueberry
Antioksidan dan fitonutrien yang ada di dalam blueberry dapat membantu badan dalam melawan stress dan juga menangkal radikal bebas. Selain itu, bluberry meningkatkan jumlah sel-sel darah putih yang berpengaruh kepada tingkat stres.
4.Biji-Bijian
Beberapa biji-bijian yang bisa dimakan seperti biji labu dan biji matahari yang kaya akan magnesium dapat berdampak positif. Ini karena bijij-bijian tersebut terbukti menurunkan depresi, keletihan dan tingkat kemarahan. Terlebih lagi jika sedang datang bulan, vitamin yang ada di dalam biji-bijian ini juga dapat membantu meredakan gejala kram and kembung.
5. Dark Chocolate

Makanan Penghilang Stres

Dark chocolate ternyata juga berguna untuk menghilangkan stres lho. Asal dikonsumsi dalam jumlah yang tepat ya. (Foto: Thinkstock)
Dark chocolate mengandung banyak kortisol dan oksidan yang mengakibatkan dinding pembuluh darah membesar, hasilnya tekanan darah menurun dan sirkulasi darah meningkat. Terakhir, dark chocolate mempunyai bahan natural yang dapat membuat menciptakan perasaan yang mirip seperti seseorang sedang jatuh cinta. Untuk mendapatkan manfaat seutuhnya, disarankan memakan coklat asli dengan kadar minimal 70 persen. Eits, tapi jangan banyak-banyak ya makannya. Tetap makan dalam porsi normal.


KulinerMakananStres

500

Baca Lainnya