• 2

Berkenalan dengan Tiroid, Penyakit yang Diderita Gigi Hadid

Berkenalan dengan Tiroid, Penyakit yang Diderita Gigi Hadid



Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid tidak berbahaya asal ditangani dengan tepat. (Foto: Thinkstock)
Setelah banyak dibully netizen lantaran tubuhnya terlalu gemuk untuk seorang model, Gigi Hadid diduga menjalani diet ketat. Namun ia membuat pengakuan yang cukup mengejutkan. Bukan diet demi menguruskan badan, wanita 21 tahun itu mengidap penyakit tiroid yang membuat berat badannya turun drastis.
Kamu masih bingung apa itu penyakit tiroid? kumparan akan membantu menjelaskan tentang penyakit yang umumnya menyerang perempuan ini.
Tiroid adalah sebuah kelenjar yang terletak pada bagian depan leher dan berfungsi memproduksi hormon tiroid untuk menjaga keseimbangan sistem metabolisme tubuh, seperti perubahan berat dan tinggi badan. Jika kelenjar ini terganggu, maka akan mempengaruhi produksi hormon tiroid sehingga menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh.
Kondisi inilah yang disebut sebagai penyakit tiroid. Kelebihan ataupun kekurangan hormon tiroid bisa memunculkan efek yang berbeda pada tubuh.
Penyakit tiroid sendiri dibedakan dalam empat jenis, yaitu hipotiroid, hipertiroid, gondok, dan nodul tiroid. Yuk, bahas satu persatu!
1. Hipotiroid
Penyakit ini disebabkan karena kurangnya kandungan hormon tiroksin yang diproduksi kelenjar tiroid. Gejalanya ditandai dengan kenaikan berat badan tanpa alasan jelas, gampang lelah, kulit menjadi kering, nyeri dan pembengkakan sendi, serta sensitif dengan suhu dingin. Keadaan emosi juga cenderung tidak stabil. Aelke Mariska merupakan satu dari sederet artis Indonesia yang menderita hipotiroid.
2. Hipertiroid
Kondisi ini berbanding terbalik dengan hipotiroid. Hormon yang dihasilkan justru berlebih. Berat badan penderitanya akan menurun drastis tanpa sebab, jantung berdebar-debar, gampang berkeringat, serta gangguan emosi seperti menjadi gampang cemas. Selebriti yang mengidap hipertiroid antara lain Gigi Hadid dan Missy Elliott.
3. Gondok
Kita semua pasti tak asing lagi dengan penyakit gondok. Penyakit ini dikenali lewat pembengkakan leher bagian depan. Penderitanya juga jadi lebih sulit menelan makanan dan bisa mengalami perubahan pada suara. Selera makan juga jadi berkurang dan merasakan dengungan pada telinga.
4. Nodul Tiroid
Nodul Tiroud merupakan benjolan yang tumbuh pada daerah sekitar kelenjar tiroid. Biasanya berbentuk benjolan padat ataupun cair. Penyakit yang satu ini hanya bisa terdeteksi setelah benjolannya berukuran cukup besar. Biasanya sang penderita akan merasakan sakit saat menelan dan sulit bernafas.

Penyakit Tiroid

Tiroid merupakan penyakit yang kerap menghampiri kaum hawa. (Foto: Thinkstock)
Secara garis besar, perubahan berat badan yang mendadak, mudah lelah, gampang berkeringat, dan perubahan emosi yang tidak stabil menjadi gejala utama penyakit tiroid. Pada beberapa orang, rasa kantuk yang berlebihan atau malah insomnia juga dirasakan. Jika kamu merasa mengalami berbagai gejala di atas, segera periksakan diri kamu ke dokter. Lebih cepat lebih baik.
Penyebab penyakit tiroid sejatinya masih belum diketahui secara pasti, namun faktor genetik turut memegang andil besar. Selain itu, paparan radiasi yang cukup tinggi juga dinilai bisa menjadi pemicu.
Jika belum terlalu parah, hipertiroid bisa diatasi dengan mengonsumsi obat yang mengandung hormon tiroid sintetis atau levothyroxine, sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Untuk kondisi gondok dan nodul, bisa ditangani dengan tindakan operasi.
Bagi penderita penyakit tiroid, sangat dianjurkan untuk menjaga diri agar tidak stres. Hindari konsumsi kafein, makanan yang dibakar, kacang-kacangan, cukupi kebutuhan iodium dan jangan pernah lupa untuk minum obat.
Meski tergolong bukan penyakit mematikan, namun penyakit tiroid yang tidak ditangani dengan baik bisa memicu terjadinya kanker tiroid. Jadi, tetap jaga kesehatan kamu, ya.

HealthPenyakit TiroidGigi Hadid

500

Baca Lainnya