Woman
·
20 Oktober 2017 8:36

Berlian, Investasi Perhiasan yang Nilainya Paling Stabil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berlian, Investasi Perhiasan yang Nilainya Paling Stabil (134113)
Berlian. (Foto: Reuters/Siphiwe Sibeko)
Selain mata uang asing dan emas, berlian kerap dijadikan sebagai wujud investasi yang menguntungkan. Semua itu karena peran ganda yang dimiliki berlian.
ADVERTISEMENT
Berlian amat disukai karena memiliki bentuk yang cantik. Batu mulia ini memiliki kilau dan pesona yang tak lekang oleh waktu, maka tidaklah mengherankan jika berlian begitu digilai kaum hawa.
Pesona berlian tak terhenti sebatas wujud indahnya saja. Jika dibandingkan dengan emas dan valas, berlian bisa dikatakan sebagai investasi yang paling aman karena pergerakan harganya yang stabil dan tak mudah berubah.
Berlian, Investasi Perhiasan yang Nilainya Paling Stabil (134114)
Berlian 1,5 Karat (Foto: Stephanie Elia/kumparan )
Merupakan salah satu investasi yang sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu, berlian punya pakem harga tersendiri. Patokan harga berlian internasional ditentukan oleh Rapaport Diamond Report, yang dirilis setiap hari Jumat. Jadi yang pertama di dunia, Rapaport bertugas mewakili mata pelanggan untuk menilai harga berlian.
Namun, ada hal penting yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan berkecimpung dalam dunia investasi berlian. Berlian bukanlah pilihan tepat jika yang kamu incar adalah keuntungan besar.
ADVERTISEMENT
“Saya harus tegaskan berlian mungkin terdengar menarik. Namun, ketertarikan itu tidak selalu membawa keuntungan (materi) bagi pemakainya. Berlian jadi alat investasi yang bisa dipakai. Lebih banyak beauty dan heritage-nya, tidak sekomersil saham dan properti,” tutur Devi Chayadi, GG, AJP, saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Pullman Hotel, Jakarta Barat, Kamis (19/10).
Berbeda dengan emas batangan atau logam mulia yang tersimpan di brankas, berlian merupakan kekayaan yang bisa dipamerkan setiap saat.
“Berlian itu kekayaan yang bisa dibawa dan dipakai. Dijadikan sebagai alat mempercantik diri,” kata Devi lagi.
Berlian, Investasi Perhiasan yang Nilainya Paling Stabil (134115)
Kalung Berlian (Foto: Stephanie Elia/kumparan )
Oleh karenanya, kolektor berlian banyak berasal dari kalangan perempuan yang senang mengenakan perhiasan. Berlian dikoleksi untuk menaikkan status sosial dan gengsi pemakainya.
Selain itu, berlian kerap dijadikan sebagai hadiah atau simbol pengingat memori khusus. Seperti pernikahan, pertunangan, hari ulang tahun, anniversary, dan sejenisnya.
ADVERTISEMENT
“Pergerakan harga berlian tidak sedinamis emas dan saham. Low risk dan low value, jadi jangan berharap berlian akan mendatangkan keuntungan besar. Memang ada potensi keuntungan (materi), namun lebih ke status dan beauty invesment,” tutupnya.