kumparan
18 Sep 2017 16:13 WIB

Karakteristik Turis Indonesia dalam Mencari Akomodasi saat Berlibur

Tahukah kamu, berlibur sendirian bisa meningkatkan kemampuanmu beradaptasi. (Foto: Thinkstock)
Berlibur kini dianggap sebagai salah satu rutinitas tahunan yang tak boleh terlewatkan. Banyak orang yang spesial meluangkan waktunya khusus untuk berlibur di tengah-tengah aktivitasnya.
ADVERTISEMENT
Saat berlibur, apkamu memilih pergi ke luar kota atau ke luar negeri? Apakah kamu mencari destinasi liburan yang dekat dengan pantai atau justru senang berada di tengah keramaian ibu kota? Apakah kamu lebih senang tinggal di hotel, atau tidak masalah untuk tinggal di guest house yang lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan?
Sejatinya, setiap orang memiliki kebiasaan masing-masing dalam berlibur, termasuk juga orang Indonesia yang memiliki karakteristik tertentu dalam berlibur, terutama saat memilih akomodasi atau penginapan. Hal ini dituturkan oleh Sara Elorza, Area Manager Indonesia dari situs pencarian akomodasi Booking.com.
Ia mengatakan, bujet menjadi salah satu perhatian khusus para turis Indonesia saat memesan akomodasi. Sara mengatakan, banyak turis Indonesia yang menyenangi bepergian ke kota-kota besar di Indonesia, seperti Bandung, Yogyakarta, atau Semarang dan ke luar negeri seperti Singapura, Jepang, Thailand. Mereka lebih memilih akomodasi yang sesuai dengan anggaran dana yang dimiliki dan tidak terlalu mempermasalahkan apakah harus tinggal di hotel atau penginapan lain.
ADVERTISEMENT
Sara Elorza (Foto: booking.com)
"Bujet itu concern yang paling penting untuk pilih tempatnya dan tergantung kapan mau perginya. Kalau destinasinya jauh, bisa cari jauh-jauh hari karena biasanya lebih murah. Kalau domestik, bisa cari akomodasi yang last minutes," tutur Sara saat berbincang dengan kumparan (kumparan.com) di kantor Booking.com, Rabu (13/9).
Selain anggaran dana, rupanya wi-fi menjadi salah satu hal penting yang menurut para turis indonesia, harus dimiliki oleh setiap penginapan.
"Kalau di booking.com ada reviewnya, termasuk review wi-fi, itu juga yang dicari oleh orang Indonesia. Terus juga dari segi lokasi, apakah lokasi itu dekat dengan restoran atau tempatnya strategis, jadi selama itu semua cocok dengan bujetnya, pasti orang akan booking," lanjut wanita yang pernah bekerja di Booking.com Barcelona, Spanyol, selama 10 tahun.
Pergi berlibur sendirian rupanya banyak mendatangkan manfaat untuk kamu. Apa saja sih? (Foto: Thinkstock)
Bagi sebagian turis, membaca review akomodasi di situs jasa pencarian penginapan merupakan hal yang tak boleh terlewatkan. Mulai dari lokasi, kebersihan kamar, pusat hiburan di sekeliling, hingga kebutuhan komunikasi seperti wi-fi.
ADVERTISEMENT
Tetapi ada pula turis yang memang hanya membutuhkan akomodasi untuk sekadar melepas lelah dan bisa beristirahat, terlepas dari lengkap atau tidak fasilitas yang dimiliki akomodasi tersebut. Tak heran, mereka tidak terlalu membaca review para turis lainnya.
Bagaimana denganmu, tipe turis seperti apakah kamu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan