• 2

Mengenal Santa Klaus, Kakek Berjanggut yang Gemar Memberi Hadiah

Mengenal Santa Klaus, Kakek Berjanggut yang Gemar Memberi Hadiah



Santa Klaus

Karakter Santa Klaus yang dikenal sekarang adalah tokoh yang sengaja dibuat untuk keperluan iklan minuman. (Foto: Thinkstock)
Merayakan Natal sepertinya kurang lengkap tanpa membahas Santa Klaus. Ya, kakek ini gemar memberikan hadiah kepada anak-anak yang bersikap baik.
Tapi tahukah kamu, ternyata Santa Klaus adalah sosok khayalan. Sosok ini terinspirasi dari uskup Katolik dari Yunani bernama Saint Nicholas. Nama lainnya adalah Kris Kringle dan Father Christmas. Orang-orang Belanda mengeja namanya menjadi Sin Nikolaas yang kemudian dieja menjadi 'Sinterklaas'.

Santa Klaus

Tokoh Santa Klaus merupakan karakter fiktif yang terinspirasi dari uskup Katolik di Yunani, Saint Nicholas. (Foto: Thinkstock)
Santa Klaus dikisahkan sebagai pria lajang sampai akhir 1800. Pada 1849, cerita pendek berjudul 'A Christmas Legend' yang dikarang oleh James Rees menyebutkan Santa Klaus memiliki pasangan bernama Mrs. Klaus. Hal itu kemudian dipublikasikan ke dalam berbagai literatur seperti Yale Literary Magazine dan Harper's Magazine.
Saat Santa Klaus muncul di berbagai ilustrasi, dia digambarkan dengan baju warna-warni mulai dari hijau, ungu, biru, hingga cokelat. Namun di akhir 1800-an, pakaian Santa Klaus identik dengan jubah dan topi merah. Seniman Louis Prang lah yang menggambarkan sosok tersebut di dalam rangkaian kartu ucapan Natal pada 1885.
Kemudian pada 1931, seniman Haddon Sundblom menggambarkan Santa Klaus lebih modern. Image Santa Klaus yang kita kenal dengan badan gempal, janggut panjang, serta baju dan topi merah ini merupakan karakter yang sengaja dibuat untuk keperluan iklan minuman bersoda.

Santa Klaus

Semua surat yang ditujukan kepada Santa Klaus dikirim ke North Pole, Kanada. (Foto: Thinkstock)
Meski banyak orang yang sudah mengetahui kalau Santa Klaus adalah tokoh fiktif, masih ada orang yang percaya dan mengirimkan surat kepadanya. Surat-surat tersebut dikirimkan ke alamat 'North Pole Hoh Oho' di Kanada. Setiap tahunnya, ada sekitar satu juta surat yang dikirim ke alamat ini.

LifestyleUnikSanta KlausNatal 2016

500

Baca Lainnya