• 2

Mengintip Makanan Khas Natal di Islandia Hingga Kuba, Penasaran?

Mengintip Makanan Khas Natal di Islandia Hingga Kuba, Penasaran?



Makan Malam Natal

Beberapa negara memiliki sajian khas tertentu saat merayakan Natal. Apa saja makanannya? (Foto: Thinkstock)
Merayakan Natal sepertinya kurang lengkap kalau enggak ada makan-makan ya. Nah uniknya, setiap negara di seluruh dunia punya makanan ciri khas masing-masing yang disajikan saat Natal. Apa saja sih?
1. Islandia
Islandia punya hidangan kaki kambing yang masaknya dengan teknik diasap. Ada juga tulang rusuk babi yang diasinkan serta irisan daging angsa yang dilumuri saus kental dan sayuran rebus. Belum kenyang juga? Tenang, ada juga makanan penutupnya, yaitu biskuit jahe dengan taburan kismis dan puding beras yang rasanya manis.
2. Polandia
Makan malam Natal di Polandia dikenal dengan nama Wigilia, yaitu sebuah pesta untuk merayakan terbenamnya matahari sehingga mereka bisa menyantap wafer. Menu makanannya lumayan banyak, ada ikan haring, umbi-umbian, buah-buahan, sauerkraut dan pierogies yang terbuat dari kentang. 
Makanan Natal di Polandia dianggap lebih tradisional karena sarat dengan tradisi. Misalnya, mereka membuat 12 makanan untuk melambangkan 12 nabi. Mereka juga tak segan menaruh piring kosong di atas meja agar tamu yang datang bisa mencicipi hidangan yang telah dibuat.
3. Jepang

Makan Malam Natal

Di Jepang, ayam goreng KFC menjadi salah satu makanan yang selalu diburu. (Foto: Thinkstock)
Ada cerita lucu saat malam Natal di Jepang. Setiap Natal, warga Jepang akan datang mengantre di KFC untuk makan ayam goreng dan mashed potato. Kabarnya sih, gara-gara iklan KFC tahun '70-an yang akhirnya membuat seluruh warga Jepang berbondong-bondong antre makan KFC.
4. Trinidad & Tobago 
Trinidad & Tobago memiliki tradisi unik untuk merayakan Natal selama 12 hari, sehingga makan malam Natal biasanya dimakan pertengahan Desember hingga akhir tahun. Hidangan makan malam di pulau-pulau ini biasanya terdiri dari daging babi panggang, buah-buahan seperti apel dan anggur, roti manis, ayam kalkun panggang, dan kue-kue yang dibuat dengan cara direndam anggur dan rum selama beberapa bulan sebelum disajikan.
5. Kuba

Makan Natal

Makanan ini menjadi salah satu makanan khas yang sering disantap saat Natal di Kuba. (Foto: Thinkstock)
Sajian Natal khas Kuba bernama moros y christianos yang biasanya dibuat dari nasi dan kacang-kacangan. Ada juga babi panggang yang dihidangkan bersama dengan turron atau nougat. Kuba juga mempunyai crema de vie, sebuah minuman khas seperti eggnog dari susu kental manis, lemon, rum, kuning telur, dan sirup.

Natal 2016KulinerMakanan Khas Natal

500

Baca Lainnya