• 1

Nama Asli Kota Bangkok Panjang Banget, Bisa Enggak Kamu Mengejanya?

Nama Asli Kota Bangkok Panjang Banget, Bisa Enggak Kamu Mengejanya?



Bangkok

Meski nama aslinya panjang, masyarakat lokal lebih sering menyebut Krung Thep dibanding Bangkok. (Foto: Thinkstock)
Bangkok terkenal sebagai destinasi wisata kelas wahid, bisa jadi termasuk favorit kamu. Tidak hanya pantainya saja yang menarik perhatian, banyak turis yang datang untuk wisata kuliner atau shopping dengan harga terjangkau.
Tapi tahukah kamu ternyata Bangkok bukanlah nama asli ibu kota Thailand itu. Nama aslinya ternyata panjang sekali, yaitu Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit. Hayo, bisa enggak kamu mengeja 21 kata itu dalam satu tarikan nafas?
Kalau diartikan, kota tersebut memiliki arti kota malaikat, kota besar yang abadi, kota megah dari sembilan permata, kursi raja, kota istana kerajaan, rumah jelmaan dewa, didirikan oleh Visvakarman atas perintah Indra.
Kabarnya, nama itu diberikan oleh Raja Yodfa Chulaloke pada 1782. Sedangkan nama Bangkok diambil dari sebuah desa di tepi barat Sungai Chao Praya.
Daripada menyebut Bangkok, masyarakat lokal lebih sering menyebut 'Krung Thep' yang merupakan versi pendek dari nama aslinya yang berjumlah 169 huruf.


UnikTravelBangkok

500

Baca Lainnya