• 1

Tips Membersihkan Rumah Setelah Pesta Natal dengan Baking Soda

Tips Membersihkan Rumah Setelah Pesta Natal dengan Baking Soda



Baking Soda 1

Tidak hanya untuk membuat cake, baking soda juga bisa untuk membersihkan rumah. (Foto: Thinkstock)
Berkumpul dan merayakan Natal bersama keluarga paling seru kalau dilakukan di rumah. Tapi setelah itu, kamu harus siap dan menggulung lengan baju untuk membersihkan rumah dari sisa-sisa pesta Natal.
Untuk memudahkan kamu, kumparan ingin berbagi tips membersihkan rumah nih. Tips ini enggak cuma diterapkan saat pesta Natal saja, tapi bisa juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari lho. Yuk simak tipsnya.
1. Bersihkan Peralatan Makan dengan Baking Soda

Baking Soda untuk Bersihkan Peralatan Makan

Peralatan makan, gelas kaca, hingga toilet bisa dibersihkan dengan baking soda. (Foto: Thinkstock)
Salah satu perabotan yang paling banyak dipakai saat pesta Natal adalah peralatan makan. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan baking soda yang dicampur dengan garam kemudian di rendam sejenak. Lemak-lemak dan sisa kotoran pun akan hilang tanpa harus digosok. Setelah itu peralatan makan bisa dikeringkan dengan kain lembut atau handuk kering sebelum disimpan kembali.
2. Baking Soda dan Jeruk Nipis untuk Gelas Kaca
Merawat gelas kaca agar tidak kehilangan kilaunya memang gampang-gampang susah. Selain menggunakan sabun cuci piring biasa, kamu juga bisa menggunakan cuka, perasan jeruk nipis dan baking soda. Sama seperti membersihkan peralatan makan, rendam gelas kaca dalam campuran baking soda dan perasan jeruk nipis, diamkan selama 12 jam kemudian keringkan dengan kain atau handung kering.
3. Letakan Baking Soda di Dalam Kulkas

Baking Soda untuk Bersihkan Kulkas

Baking soda bisa menghilangkan aroma tidak sedap di dalam kulkas. (Foto: Thinkstock)
Setelah digunakan untuk menyimpan beraneka ragam makanan persediaan hidangan Natal, enggak dipungkiri kulkas kamu mempunyai aroma yang kurang sedap. Untuk menghilangkan baunya, lagi-lagi baking soda memiliki peranan penting.
Letakkan baking soda di dalam sebuah wadah terbuka, diamkan di dalam kulkas hingga bau tidak sedap menghilang. Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan cuka yang dicampur dengan air hangat kemudian gosok ke seluruh permukaan kulkas.
4. Siram Toilet dengan Baking Soda

Baking Soda Bersihkan Toilet

Noda membandel pada toilet juga bisa dihilangkan dengan baking soda. (Foto: Thinkstock)
Tentu kamu nggak mau dong dicap sebagai tuan rumah yang kurang memperhatikan kebersihan kamar mandinya terlebih lagi toiletnya? Nah, agar membersihkannya menjadi lebih mudah, coba deh siram permukaan toilet dengan baking soda, diamkan selama 30 menit. Perlahan, noda kuning yang membandel dan sulit dihilangkan akan teratasi.
5. Membersihkan Lantai dengan Air Teh
Tips yang satu ini bukan pakai baking soda sih, tapi enggak ada salahnya kan kalau berbagi informasi? Selain membersihkan lantai dengan menyapu dan mengepel, kamu juga bisa gunakan vacum cleaner untuk lantai terbuat dari marmer.

Tapi kalau lantai rumahmu terbuat dari kayu, cobalah rendam kain pel ke dalam air teh. Cara ini akan membuat lantai kayu lebih bersih dan tidak mudah lapuk. Mengepel dimulai dengan berjalan mundur, dimulai dari pojok ruangan yang paling jauh dari pntu dengan gerakan membentuku angka 8 agar seluruh permukaan dibersihkan merata.

Baking SodaLifestyleHome Living

500

Baca Lainnya