• 0

Tren Warna 2017 'Greenery' pada Pecahan Mata Uang Rp 20 Ribu

Tren Warna 2017 'Greenery' pada Pecahan Mata Uang Rp 20 Ribu


Setiap tahun, perusahaan panduan warna Pantone merilis warna yang diprediksi akan menjadi tren pada semua industri, mulai dari kecantikan, mode, kuliner, perhotelan, hingga desain interior. Di 2017, Pantone telah mengumumkan warna yang diperkirakan sebagai 'color of the year', yakni warna hijau kekuningan dengan nama Greenery.

Pantone Color of the Year

Greenery, warna hijau kekuningan yang diprediksi menjadi tren warna 2017 (Foto: Dok. Pantone)
Rupanya, tren warna tersebut menjadi dominasi warna pada desain baru uang kertas pecahan Rp 20 ribu yang baru saja diterbitkan oleh Bank Indonesia, Senin (19/12). Bank Indonesia merilis tujuh pecahan mata uang rupiah kertas dan empat mata uang rupiah logam dengan gambar pahlawan baru.

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi di acara Peresmian Pengeluaran dan Pengedaran Uang Baru di Bank Indonesia, Jakarta. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Uang pecahan Rp 20 ribu itu bergambar Dr. G.S.S.J Ratulangi pada bagian depannya. Bagian belakangnya bergambar tari gong, pemandangan alam Derawan, dan bunga anggrek hitam.

Desain Baru Uang Rp 20 ribu

Bagian depan uang Rp 20 ribu bergambar Dr. G.S.S.J Ratulangi. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/Kumparan)
Seperti dikutip dari situs resmi Pantone, Greenery disimbolkan sebagai awal yang baru. Nuansa hijau di dalamnya memberikan kesan segar dan kental dengan unsur alam.

Desain Baru Uang Rp 20 ribu

Desain baru uang Rp 20 ribu yang sesuai dengan tren warna Pantone 2017. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/Kumparan)
Warna hijau diibaratkan sebagai warna netral dari alam bisa menyeimbangkan manusia di kehidupan modern. Selain itu, Greenery juga disimbolkan sebagai gairah dalam mengejar semangat hidup dan kekuatan.


Uang BaruKeuanganTren Warna 2017Tren Warna PantonePantoneLifestyleGreenery

500

Baca Lainnya