• 8

Unicorn Ramen, Mi dengan Kuah Kaldu Ayam Berwarna Biru

Unicorn Ramen, Mi dengan Kuah Kaldu Ayam Berwarna Biru


Cover Unicorn

Ramen lezat rasa ayam berwarna biru. (Foto: Instagram @kipposhi21)
Banyaknya rumah makan yang menjual ramen di Jepang membuat pemilik restoran harus berpikir untuk menyajikan menu ramen yang berbeda. Salah satu temuan baru yang menarik perhatian adalah unicorn ramen. Penasaran seperti apa wujud ramen ini?
Adalah restoran Kipposhi, tempat makan yang berlokasi sepuluh menit dari Tokyo Sky Tree. Restoran ini tengah populer terkenal karena menyediakan ramen berkuah biru, berbeda dengan ramen biasanya yang warnanya agak bening atau pekat tergantung campuran kaldunya.
Nama asli hidangan ini sebetulnya "Clear Chicken Soup "Blue". Kuahnya didapat dari teknik memasak asal China yang membersihkan semua buih tapi tetap mempertahankan rasa kaldu ayam. Sayangnya, tidak dijelaskan bagaimana warna biru bisa muncul di ramen tersebut.
Hidangan ini hanya memakan waktu lima menit untuk dibuat dan diisi dengan sayuran, telur asin dan beberapa potongan ayam panggang. Jika ditilik lebih dekat, kuah tersebut merupakan campuran warna biru dan hijau. Karena kepopuler kuah yang unik tersebut, banyak yang berspekulasi bahwa warna biru berasal dari pycocyanin, yakni suatu ekstrak zat yang terdapat di ganggang spirulina.

Menurut pengunjung, rasa ayam sangat terasa di kaldu sedangkan tekstur mi ramen sangat kenyal. Telur asin dan potongan ayam panggang yang disediakan juga membuat rasanya menjadi lebih harmonis. Meskipun ramen ini berwarna biru, tapi ia tidak memiliki rasa pewarna atau penambah rasa. Jika kamu tertarik mencobannya, hidangan ini dijual dengan harga 900 yen atau Rp 104 ribu.

LifestyleKulinerUnikUnicorn Ramen

500

Baca Lainnya