kumparan
KONTEN PENGGUNA
22 Juli 2019 15:44

Peran Moms Untuk Keseimbangan Kesehatan Fisik dan Finansial Keluarga

Rutinitas saya sebagai ibu rumah tangga saat ini dimulai dari 4 pagi sudah harus bangun, memasak sarapan dan bekal sekolah anak. Dilanjutkan dengan menyiapkan anak berangkat ke sekolah, saya sendiri juga persiapan berangkat ke kantor. Sepulang kantor, pekerjaan rumah tangga bergantian menanti. Adakalanya mencuci baju, mencuci piring, sampai dengan menyetrika baju. Maklum, semuanya masih harus dikerjakan berdua dengan suami.
ADVERTISEMENT
Capek, tapi ya itulah pilihan rumah tangga kami. Semua dilakukan agar jalannya pengaturan pendapatan dan pengeluaran keuangan keluarga berjalan dengan baik. Alhamdulillah, selama ini keputusan kami sudah terasa manfaatnya, saya merasa bahwa tidak hanya kesehatan fisik dan mental keluarga saja yang berjalan dengan baik, tetapi juga mencakup kesehatan finansialnya.
Sudah sesuai dengan kampanye yang diusung oleh Sun Life Indonesia bekerja sama dengan kumparanMOM yaitu ‘Live Healthier Lives’.
Moms Mingle Kumparan Sun Life.jpeg
Peserta Moms Mingle
Hari Sabtu 20 Juli 2019 lalu, saya hadir di acara Moms Mingle bertema 'Mom as The Guardian of The Family' yang diadakan oleh @kumparancom dan @sunlife_id di Cerita Rasa, Jl. Ampera Raya No.9, Jakarta Selatan.
Narasumber Moms Mingle.JPG
Narasumber Moms Mingle
Hadir sebagai narasumber di acara #MomsMinggle, para moms kece banget yang akan sharing tentang #LiveHeathierLives. Ada mom Shierly Ge - Chief Marketing Officer Sun Life, mom @nengnisye - Financial Planner, mom @kelly_tandiono - model dan Brand Ambassador Sun Life Indonesia dan mom @kekekania - Mompreneur.
ADVERTISEMENT
Materi dari Annissa Sagita tentang Perencanaan Keuangan yang saya tunggu-tunggu, Moms. Bahwa merencanakan keuangan itu harus mencakup tiga hal yaitu: untuk saat ini (pemasukan dan pengeluaran/cashflow, cicilan, aset yang dimiliki, dan kekayaan bersih), untuk masa depan (contohnya tentang sekolah anak, rencana travelling, membeli rumah, kendaraan, juga dana pensiun) dan untuk perlindungan (meliputi dana darurat dan asuransi).
Hal pertama yang harus dilakukan adalah financial check up. Prinsip financial check up yang baik seharusnya total semua aset yang dimiliki dikurangi dengan hutang masih menghasilkan jumlah yang positif. Selanjutnya cek apakah jumlah penghasilan bulanan dikurangi dengan pengeluaran bulanan masih menyisakan dana yang cukup untuk tabungan dan investasi.
Maksimal cicilan bulanan yang kita miliki sebaiknya tidak lebih dari 30% dari total pemasukan bulanan. Bagaimana dengan dana darurat? Setidaknya kita memiliki 3x pengeluaran bulanan yang tidak diotak-atik sebagai simpanan dana darurat. Dan, yang terpenting, minimal seluruh anggota keluarga telah memiliki asuransi kesehatan yang paling dasar sebagai perlindungan.
ADVERTISEMENT
Alhamdulillah ya, meskipun dalam menerapkan manajemen cashflow saya masih amburadul tapi hasilnya lumayan positif: aset bertambah, persiapan dana pendidikan anak, ada asuransi dan investasi (saham) juga sudah ada. PR saya memang harus berbenah di pencatatan keluar masuknya rupiah dari rekening. Hihihi.
Kelly Tandiono (Brand Ambassador Sun Life Indonesia) yang hadir sebagai narasumber di #MomsMinggle #LiveHeathierLives ini keren banget ya. Dengan kegiatannya yang seabrek sebagai model, actor, dan pengusaha, juga masih ditambah juga sebagai atlet triathlon, lho. Gaya hidup sehatnya patut diacungi jempol. Dan yang penting, selain sehat secara fisik, juga sehat banget secara finansial. Menjaga pola makan sehat, banyak aktivitas fisik, olahraga rutin, pokoknya jempoolll!
Di event Mom as The Guardian of The Family ini saya juga dapat tips yang bermanfaat banget dari Kania Annisa Anggiani, bahwa untuk seorang mompreuner, sangat penting untuk memisahkan keuangan usaha dengan keuangan rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Meski disebutkan bahwa di Indonesia menurut hasil survei nasional tahun 2016 dari Otoritas Jasa Keuangan bahwa baru 27% dari masyarakat pada usia produktif yang memiliki tabungan masa depan, semoga ke depan masyarakat semakin sadar akan pentingnya berinvestasi.
Investasi kesehatan secara fisik dan investasi finasial itu sama pentingnya. Jika finasial bermasalah, bisa menimbulkan stres yang berakibat pada terganggunya masalah kesehatan juga pada akhirnya. Di sinilah peran para Moms untuk memperhatikan keseimbangan di antara keduanya.
Terima kasih Sun Life Indonesia dan kumparanMOM yang sudah memberikan kesempatan untuk saya hadir di acara keren Moms Mingle kemarin ya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan