FPSH HAM Kabupaten Ciamis Gencar Sosialisasi di Bulan Suci Ramadan

Pusinfo FPSH HAM
FPSH HAM atau Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM adalah organisasi pelajar yang berdiri sesuai SK Gubernur Jawa Barat No. 180/Kep. 1341-Disdik/2018. Forum ini telah diapresiasi oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.
Konten dari Pengguna
1 Mei 2022 23:48 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pusinfo FPSH HAM tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
FPSH HAM Kabupatren Ciamis melakukan sosialiasi kepada masyarakat dan pemuda. (Pusinfo FPSH HAM)
zoom-in-whitePerbesar
FPSH HAM Kabupatren Ciamis melakukan sosialiasi kepada masyarakat dan pemuda. (Pusinfo FPSH HAM)
ADVERTISEMENT
CIAMIS - Dalam rangka meningkatkan kesadaran Hukum dan Budaya Hukum Oleh FPSH-HAM kabupaten ciamis melakukan sosialisasi di kalangan masyarakat dan pemuda di 27 kecamatan Kabupaten Ciamis pada Sabtu (16/4) sampai dengan Jum’at (29/4)
ADVERTISEMENT
Di bulan suci Ramadan ini adalah momentum tepat untuk temu warga dan memberikan sosialisasi sadar hukum. Di samping itu pula, diberikan pemaham mengenai aturan aturan sebagai warga negara yang baik serta materi kerohanian
Dengn terjun langsung kepada masyarakat dan pemuda madrasah di 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis, dengan disebarnya pengurus FPSH HAM Kabupaten Ciamis dan Duta Hukum HAM di berbagai kecamatan untuk melakukan kegiatan temu warga, sosialisasi sadar hukum dan HAM serta memberikan materi kerohanian.
Program ini berkaitan dengn kegiatan Berlian Berbagi Kemuliaan di bulan Ramadan. Dengn sasaran kepada masyarakat dan pemuda di sekitaran madrasah di setiap kecamatan. Hal ini bertujuan untuk meratakan sosialisasi sadar hukum dan HAM di kalangan masyarakat untuk mengajak dan patuh terhadap aturan yang ada.
ADVERTISEMENT
Di samping itu pula, dalam memberikan sosialisasi mengenai sadar hukum, diberikan juga pembekalan materi kerohanian sekaligus merealisasikan program mengenai hal tersebut.
Sosialisasi ini dilaksanakan di Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Banjaranyar, Kecamatan Baregbeg, Kecamatan Ciamis, Kecamatan Cidolog, Kecamatan Cihaurbeuti, Kecamatan Cijeungjing, Kecamatan Cikoneng, Kecamatan Cimaragas, Kecamatan Cipaku, Kecamatan Cisaga, Kecamatan Jatinagara, Kecamatan Kawali, Kecamatan Lakbok, Kecamatan Lumbung, Kecamatan Pamarican, Kecamatan Panawangan, Kecamatan Panjalu, Kecamatan Panumbangan, Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Rajadesa, Kecamatan Rancah, Kecamatan Sadananya, Kecamatan Sindangkasih, Kecamatan Sukadana, Kecamatan Sukamantri, Kecamatan Tambaksari.
Kegiatan di setiap wilayah dimulai dengan melakukan pembukaan, sambutan pengasuh madrasah, prakata dari masing masing ketua kordinator wilayah per kecamatan, pemberian materi mengenai sadar hukum, dan materi kerohanian
Ketua DKM Desa Lumbung sangat mengapresiasi kegiatan FPSH HAM Kabupaten Ciamis dan Duta Hukum HAM dalam berkegiatan di bulan suci Ramadan dengan memberikan ilmu pengetahuan agar menjadi masing-masing pribadi yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Dengan respon para warga dan pemuda madrasah yang sangat baik serta aktif mengikuti kegiatan dari awal sampai ahir, dengan mendapatkan pemahaman serta pengetahuan yang baik
Ketua Umum FPSH HAM Kabupaten Ciamis Aldi Ripaldi berharap efek besar dari apa yang telah di sosialisasikan rekan-rekan FPSH HAM dan Duta Hukum agar sama-sama bisa patuh terhadap aturan dan memiliki akhlak paling terpuji.
“Oleh karena itu, kami berharap seluruh peserta dengan kita mengenali hukum, diharapkan kita tahu mana yang menjadi hak dan kewajiban kita, sehingga dapat terhindar dari hukuman. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemateri rekan rekan FPSH HAM dan Duta Hukum. Semoga dengan adanya hal ini bisa menjadi masyarakat dan pemuda yang unggul dan memiliki akhlak paling terpuji," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Pemberian materi juga dikemas dengn bentuk semenarik mungkin yang memberikan kesan belajar sambil bermain. Diberikan pula ice breaking kepada peserta dan memberikan hadiah di sesi tanya jawab. Kegiatan diahiri dengan foto bersama dengan FPSH HAM dan Duta Hukum HAM Provinsi Jawa Barat. (*)