kumplus-Korespondensi Responden

Dasar Korespondensi

Wikipediawan Pencinta Bahasa Indonesia
29 Juni 2021 17:29
ยท
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Surat adalah alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan tertentu dari pengirim kepada penerima surat. Perihal penulisan surat disebut korespondensi atau surat-menyurat. Pesan yang disampaikan surat dapat berupa pemberitahuan, permintaan, pertanyaan, pelaporan, dan lain-lain.
Dalam dunia profesional, surat merupakan salah satu dari empat sarana resmi komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita yang berhubungan dengan bisnis antara dua orang atau lebih. Selain melalui surat, komunikasi bisnis juga dapat dilakukan melalui laporan, presentasi, dan rapat.
Jika dilihat dari kompleksitasnya, sarana komunikasi bisnis yang paling sederhana ialah surat. Ketika pertama kali masuk ke dunia kerja, tugas pertama yang biasanya perlu dipelajari oleh seorang pekerja ialah membuat surat. Setelah mampu membuat surat, ia akan diminta untuk membuat laporan yang berupa tulisan yang lebih panjang. Akhirnya, keterampilan bahasa tulis dalam komunikasi bisnis akan dikembangkan dengan keterampilan bahasa lisan berupa presentasi dan rapat.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparan+
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparan+
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparan+
Korespondensi resmi dan pribadi tentu saja punya pakem yang berbeda. Ada segi profesionalitas dan wibawa lembaga yang mesti dijaga. Bagaimana caranya? Simak penjelasan Ivan Lanin terkait korespondensi profesional, hanya di kumparan+