Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila sebagai Fondasi Generasi Milenial

Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan Bandung Angkatan 2020
Konten dari Pengguna
6 November 2021 18:06
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari IVANA MELINDA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila sebagai Fondasi Generasi Milenial (4869)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: pixabay
Warga negara Indonesia khususnya generasi milenial tidak dapat lepas dengan nilai-nilai yang diturunkan dari generasi sebelumnya, khususnya nilai-nilai Pancasila. Menurut Muhammad Yamin, Pancasila adalah lima dasar pedoman atau aturan mengenai tingkah laku yang penting dan baik. Indonesia dikatakan sebagai negara paling plural di dunia karena beragam suku, budaya, ras, dan agama. Indonesia dapat bertahan sampai saat ini karena ada nilai-nilai yang menyatukan keragaman negara Indonesia yaitu Pancasila.
ADVERTISEMENT
Pancasila berfungsi sebagai pemersatu bangsa Indonesia. Hal ini terlihat dari sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia. Artinya Pancasila sangat menjunjung tinggi persatuan dan mengutamakan kepentingan bangsa Indonesia lebih dari kepentingan perseorangan, golongan, maupun suku bangsa. Pencantuman sila ketiga ini memberikan pemahaman bahwa perbedaan itu suatu realita yang tidak mungkin dihilangkan oleh manusia melainkan perbedaan adalah suatu hikmah yang harus disyukuri.
Dalam kehidupan generasi milenial yang semakin tantangan dalam kehidupan khususnya pekerjaan, perbedaan ini tidak dapat dihilangkan. Namun, dengan adanya perbedaan ini harus dijadikan kekuatan untuk terus berkolaborasi dalam bentuk apapun demi memajukan Indonesia. Mengingat salah satu kejadian yang baru-baru ini terjadi, kolaborasi anak bangsa antara Gojek dan Tokopedia menjadikan perekonomian Indonesia lebih kuat. Baik Gojek maupun Tokopedia tidak membuat batasan dan perbedaan tetapi keduanya saling membuka diri dan mempersatukan kekuatan kedua perusahaan.
ADVERTISEMENT
Kemudian, Pancasila sebagai identitas nasional dimana Pancasila dapat memberikan satu pertanda atau ciri khas yang melekat dalam tubuh masyarakat. Dilansir dari buku Pendidikan Kewargenagaraan (2020) karya Damri dan Fauzi Eka Putra, identitas nasional merupakan suatu ciri yang dimiliki oleh suatu bangsa yang secara filosofi membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain. Terbentuknya identitas nasional karena ada berbagai nilai-nilai kultural suku bangsa yang ada di setiap daerah. Nilai-nilai kultural tersebut kemudian dihimpun menjadi satu kesatuan yang akhirnya membentuk identitas nasional bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia dikenal ramah tamah, sopan santun, lemah lembut terhadap sesama merupakan salah satu bentuk identitas nasional.
Generasi milenial harus menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi hidup karena generasi milenial akan membuat suatu gebrakan baru yang dapat membentuk suatu identitas bangsa Indonesia yang baru serta lebih dikenal oleh orang asing, tentunya dalam hal yang positif. Mengingat salah satu generasi milenial bangsa Indonesia, Rich Brian seorang penyanyi dan rapper yang sudah terkenal di dunia internasional. Rich Brian selalu bangga menjadi anak Indonesia dan dapat membawa identitas bangsa Indonesia ke dunia internasional tentunya dengan prestasi yang membanggakan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Pancasila dapat membangun sikap toleransi dalam kehidupan di Indonesia. Di tengah kegelisahan bangsa saat ini, sehendaknya semangat toleransi kebangsaan diaktualkan kembali. Toleransi keagamaan menjadi salah satu yang terpenting. Tidak mungkin bahwa bangsa Indonesia hanya menggunakan satu agama sebagai tolak ukur. Sebaliknya, nilai-nilai Pancasila merangkul semua agama dan aliran kepercayaan di Indonesia. Negara Indonesia berdasarkan sila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa memberi jaminan kebebasan kepada setiap penduduk untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya dan beribadah menurut agama dan kepercayaannya. Pancasila memaknai segala sesuatu yang ditujukan dalam rangka untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama. Perbedaan keagamaan ini tidak membuat generasi milenial membatasi pergaulannya. Generasi milenial yang menanamkan sikap toleransi, hidupnya akan lebih bermakna.
ADVERTISEMENT
Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa generasi milenial perlu menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi hidupnya. Pancasila berfungsi sebagai alat pemersatu bangsa dimana dalam dunia yang kompetitif ini, generasi milenial didorong untuk berkolaborasi demi menjunjung tinggi sila ketiga yaitu persatuan Indonesia. Pancasila juga berfungsi sebagai identitas nasional dimana Pancasila memberikan ciri khas dalam kehidupan generasi milenial. Terakhir, Pancasila dapat membangun sikap toleransi dalam kehidupan generasi milenial dimana toleransi keagamaan menjadi salah satu yang terpenting dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Usaha menerapkan nilai-nilai Pancasila ini harus didukung oleh pendidikan formal maupun informal.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020