kumparan
26 Jun 2018 10:27 WIB

Pemasangan PJU LED Smart System di Jalan Layang Transjakarta Ciledug-Tendean

Kini pengemudi dan penumpang Transjakarta koridor 13 jurusan Ciledug-Tendean yang beroperasi pada malam hari tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta sudah mulai memasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan layang yang dilalui bus koridor 13 tersebut. Sebelumnya, pengadaan lampu di jalur tersebut tahun lalu sempat mengalami gagal lelang sehingga pengemudi bus harus bergantung pada cahaya gedung-gedung sekitar dan mobil pemandu yang membantu pencahayaan di titik-titik gelap.
ADVERTISEMENT
Jenis lampu yang dipasang adalah Light Emitting Diode Smart System (LED SS). Lampu ini memiliki penerangan yang baik dan tahan lama hingga 50 ribu jam atau 12 tahun. Selain itu, LED Smart System ini juga dilengkapi sistem communication gateway yang terhubung dengan aplikasi smartphone sehingga petugas bisa memonitor lampu secara real-time. Sistem tersebut merupakan salah satu penerapan Internet of Things atau IoT di Jakarta.
Akan ada 341 unit lampu di jalan layang yang memiliki panjang lebih dari 9 kilometer ini. Lampu-lampu tersebut terdiri dari 330 lampu di koridor dan 11 lampu di ramp. Suku Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta menargetkan LED Smart System ini sudah dapat menerangi jalan layang Ciledug-Tendean pada saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-491 Jakarta pada tanggal 22 Juni mendatang. Anggaran pengadaan ini yakni sebanyak RP 8,78 miliar.
ADVERTISEMENT
"Lampu tidak hanya dipasang di atas koridor, tetapi juga di bawah koridor untuk penerangan di jalan eksisting," ungkap Yuli Hartono selaku Kepala Dinas PE DKI Jakarta. Beliau juga menambahkan, “Ke depan operasional bus lebih aman dan bisa beroperasi lebih lama lagi.”
Pemasangan penerangan jalan umum LED Smart System semakin mendorong smart technology dan smart mobility di ibukota. Mari gunakan transportasi umum seperti Transjakarta untuk mobilitas yang murah, aman, dan nyaman.
***
Artikel terbaru tentang Jakarta Smart City bisa diakses melalui smartcity.jakarta.go.id. Pastikan juga mengikuti media sosial berikut untuk informasi terkini tentang Jakarta Smart City.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan