Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Gantikan Zumi Zola, PAN Sodorkan 5 Nama Cawagub Jambi

Gubernur Jambi Fachrori Umar. PAN menyodorkan lima nama untuk mendampinginya. Foto: Ist

Jambikita.id—Menggantikan Zumi Zola yang kini menjadi terpidana kasus suap dan gratifikasi, Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan lima nama untuk menduduki kursi wakil gubernur jambi.

Lima nama calon ini dikabarkan sudah disodorkan oleh PAN ke Fachrori Umar dan satu nama lagi dari partai politik lainnya pengusung pasangan Zumi Zola - Fachrori Umar saat pemilihan gubernur 2015 lalu.

Calon wakil gubernur dari PAN tersebut, antara lain Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Bakri. Nama ini merupakan anggota DPR RI dan masuk ke dalam daftar calon wakil gubernur (Cawagub) bersama mantan Bupati Merangin, Nalim.

Selanjutnya, ada pula nama Rusli Kamal Siregar yang merupakan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Jambi dan memutuskan bergabung dengan partai yang mengantarkan Zumi Zola dan Fachrori menjadi gubernur dan wakil gubernur Jambi.

Ada juga nama Bayu Bambang Suseno, mantan anggota DPRD Provinsi Jambi yang saat ini mendampingi Masnah Busro memimpin Muarojambi.

Nama besar yang tak boleh dilewatkan dan sudah mencuat sejak bursa Cawagub bergulir, Ratu Munawarah. Istri dari Gubernur Jambi periode 1999-2005 dan 2005-2010, Zulkifli Nurdin.

Ibu tiri dari Zumi Zola ini sebelumnya pernah menjadi anggota DPR RI sebelum akhirnya mengundurkan diri.

Selain lima di atas, satu-satunya calon yang bukan dari lingkaran PAN adalah Jefri Amas Hutagalung. Merupakan politisi Partai Demokrat yang pada Pemilu 2019 ini mencalonkan diri sebagai Caleg Provinsi Jambi dari Dapil I Kota Jambi.

Terkait nama-nama ini, Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Bakri mengaku belum tahu jika enam nama itu diajukan. Karena kata dia, belum ada satu pun yang diputuskan atau dipilih untuk mendampingi Fachrori.

“Saya kira nama-nama itu sudah lama beredar, tapi di internal kita belum ada,” kata dia, Kamis (28/2/2019).

Meski begitu, Bakri mengaku komunikasi politik terus dilakukan baik di internal partai maupun dengan partai koalisi untuk mengisi kekosongan Wagub secepat mungkin.

“Kalau komunikasi secara internal terus kita lakukan, tapi belum ada yang diputuskan siapa, prosesnya belum sampai sejauh itu,” katanya lagi.

Begitu juga dengan dengan partai koalisi, Bakri juga mengatakan dirinya juga terus menjalani komunikasi. “Itu kita lakukan, karena komunikasi itu kan tidak dilarang,” katanya lagi.

Sementara di internal PAN sendiri, kata Bakri, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan nama yang beredar sebagai Cawagub Fachrori, ini dilakukan untuk menanyakan keseriusannya. “Siapa nama-namanya mungkin kalian lebih tahu,” tegasnya.

Di samping itu, Bakri juga mengacungi jempol karena nama yang beredar yang disebut menginginkan atau kursi gubernur. Itu artinya, banyak yang berkeinginan untuk memajukan Jambi. “Kita perlu ajungi jempol,” ujarnya. (yovy)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23