kumparan
KONTEN PUBLISHER
26 Maret 2019 14:09

Jajal Arung Jeram Geopark Merangin, IPDN Jadikan Lokasi Penelitian

Geopark Merangin.jpeg
Arung Jeram di Geopark Merangin, Jambi. Foto: Ist
Jambikita.id - Geopark Merangin menjadi lokasi penelitian Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Hal ini disampaikan Bupati Merangin, Al Haris, Senin (25/3/2019).
ADVERTISEMENT
Al Haris mengatakan, peninjauan awal ke Geopark Merangin dilakukan saat kunjungan Rektor IPDN Prof Mirror Jeddawi, Sabtu (23/3/2019) pekan lalu. Tim dari IPDN juga sempat menjajal arum jeram di dalam kawasan Geopark tepatnya di aliran Sungai Batang Merangin.
Al Haris juga mengapresiasi pihak IPDN yang telah memilih Geopark Merangin sebagai lokasi penelitian. "Kalau menurut peneliti Geopark Global Network (GGN) Mr Komo dari Malaysia, Geopark Nasional Merangin ini tiada duanya di dunia," kata Haris.
Geopark Merangin, kata Haris, awalnya berada di enam kabupaten di Provinsi Jambi. Namun, wilayah itu kemudian mengerucut menyusul penilaian tim GGN dari UNESCO. Geopark Merangin menjadi warisan dunia lokasinya diperkecil hanya di Kabupaten Merangin.
Untuk menunjang kemajuan Geopark Merangin, kata Haris, pemerintah akan membangun sejumlah sarana penunjang. Pembangunan akan dikebut. Alokasi dana akan diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dari APBD Merangin.
ADVERTISEMENT
"Kami akan melibatkan TNI membersihkan jalan menuju kawasan Geopark Merangin di Desa Air Batu Kecamatan Renah Pembarap," kata Haris menambahkan. (yovy)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan