News
·
6 Desember 2020 20:29

Masa Cuti Kampanye Berakhir, Gubernur Jambi Kembali Bertugas

Konten ini diproduksi oleh Jambikita.id
Masa Cuti Kampanye Berakhir, Gubernur Jambi Kembali Bertugas (540079)
Gubernur Jambi Fachrori Umar, saat menyampaikan sambutannya dalam serah terima nota pelaksana tugas Pjs Gubernur Jambi. Foto: Hms
Jambikita.id - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy (Ardy) Daud, yang secara resmi telah melaksanakan tugas selama 71 hari sejak tanggal 26 September-5 Desember 2020 mengisi tugas kepemimpinan Jambi selama masa tahapan kampanye Pilkada 2020.
ADVERTISEMENT
Dalam sambutannya, Ardy Daud menyampaikan beberapa hal terkait kondisi dan stabilitas daerah hingga saat berakhir masa tugasnya. Ia melaporkan kondisi Provinsi Jambi dalam keadaan baik dan terkendali.
"Terkait Pilkada serentak 2020 khususnya dalam masa kampanye berdasarkan data Desk Pilkada maupun tim di Badan Kesbangpol dan yang ada di kabupaten/kota telah berjalan relatif kondusif," ungkap Ardy Daud, Minggu (6/12).
Kondisi tersebut, merupakan hasil peran serta dan kontribusi pihak penyelenggara Pilkada serentak 2020 KPU dan Bawaslu, jajaran Pemerintah Daerah serta dukungan dari unsur TNI-Polri serta Forkopimda untuk mengawal sehingga masa kampanye berjalan baik.
"Ada beberapa catatan dan lebih banyak bersifat administrative, termasuk koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang menyatakan kesiapan untuk menyelenggarakan Pilkada serentak 2020 dengan harapan berjalan aman, demokratis dan sehat," harap Ardy Daud.
ADVERTISEMENT
Mengenai aspek pelayanan publik dan pembangunan untuk keberlanjutan pembangunan dimana TAPD bersama DPRD Provinsi Jambi telah menyelesaikan APBD TA 2021 tujuh menit sebelum pukul 24.00 WIB tanggal 30 November 2020.
Ardy Daud menyampaikan, informasi hal aktual terkait penanganan COVID-19 pada saat awal Maret berdasarkan data laporan kasus lebih banyak dari luar daerah. Namun, saat ini hadapi COVID-19 berada di lingkungan atau transmisi lokal yang masih perlu ditindaklanjuti.
"Kami laporkan dalam kondisi 71 hari terakhir ini, peningkatan kasus konfirmasi 450 persen atau empat setengah kali lipat dibandingkan tanggal 26 September pada awal bertugas. Kondisi ini lebih banyak dipengaruhi oleh upaya jajaran kesehatan," jelas Ardy Daud.
Kapasitas tes yang ada di Jambi, kata Ardy Daud, saat ini sudah mencapai 508 sample per hari, dalam seminggu 3.500 lebih, disesuaikan data Dukcapil penduduk 3,49 juta, punya kapasitas sesuai dengan WHO sebesar 1 per 1.000 dari penduduk Jambi.
ADVERTISEMENT
Jika dioptimalkan, dua kali sudah punya di atas 7.100 artinya sudah tiga kali di atas standar WHO. Menurut Ardy Daud, fasilitas uji swab ada di BPOM, Labkesda Provinsi Jambi, RSUD Raden Mattaher, Rumah Sakit DKT.
"Kita mempunyai kapasitas yang cukup untuk penanganan COVID-19 dan ini merupakan tugas yang belum selesai, masih perlu disinkronkan dengan upaya-upaya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional," tambahnya.
Selain itu, Ardy Daud menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk masyarakat Jambi, telah sama-sama menjaga Jambi dalam persiapan Pilkada secara aman dan sejuk, termasuk kepada jajaran Forkopimda, serta mohon maaf manakala ada hal yang kurang berkenan.
“Saya mohon diri, selamat bertugas kepada Pak Gubernur Jambi yang turut mendoakan dalam melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara," ujar Ardy Daud.
Masa Cuti Kampanye Berakhir, Gubernur Jambi Kembali Bertugas (540080)
Gubernur Jambi Fachrori Umar, bersama Pjs Gubernur Jambi, Restuardy Daud. Foto: Hms
Sementara itu, Gubernur Jambi Fachrori Umar, mengapresiasi kepada Restuardy Daud yang telah menjalankan tugas sebagai Pjs Gubernur Jambi sejak tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020, telah memimpin urusan pemerintahan di Jambi secara baik.
ADVERTISEMENT
"Lamanya waktu kepemimpinan tidak akan ada bedanya, karena yang terpenting niat yang tulus untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara," ujar Fachrori.
Dalam pandangan Fachrori, Restuardy Daud telah secara konsisten melaksanakan tugas, mengkoordinasi persiapan Pilkada serentak 2020 dan Penanggulangan Penanganan COVID-19 ke kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.
Beliau senantiasa mengajak seluruh masyarakat Jambi untuk melaksanakan protokol kesehatan 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak secara ketat, serta terus memasifkan Test Tracing Treatment dengan harapan segera keluar dari masa krisis akibat COVID-19.
"Terima kasih atas pengabdian Pjs. Gubernur Jambi dan selamat menjalankan tugas di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan," pungkasnya.