kumparan
26 Februari 2019 9:43

Mendarat Darurat di Jambi, Malaysia Airlines Lanjutkan Penerbangan

airliners.net.jpg
Malaysia Airlines. Foto: Airliners.net
Jambikita.id—Maskapai Malaysia Airlines tujuan Jakarta-Kuala Lumpur mendarat darurat di bandara Sultan Thaha Jambi (DJB). Pesawat dengan nomor penerbangan MH 724 mendarat darurat pada pukul 22.00 WIB, Senin (25/2).
ADVERTISEMENT
"Mendarat darurat karena mengalami gangguan teknis pada mesin. Pesawat itu baru berangkat lagi, empat jam kemudian," kata General Manager PT Angkasa Pura II Jambi, Yogi Prasetyo, tanpa menjelaskan lebih detail kerusakan pesawat karena mengaku di luar kewenangannya.
Yogi menjelaskan sebelumnya pesawat dari negeri jiran itu landing pada pukul 21.50 WIB. Pesawat ini baru kembali mengudara pada pukul 01.59 WIB.
Saat kejadian, pihak AP II tambah Yogi langsung berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Imigrasi, Balai Karantina, dan bea cukai untuk menjaga kemungkinan penumpang harus turun pesawat. Karena secara aturan penerbangan internasional penumpang dan kru tidak boleh turun dari pesawat.
"Kami juga sudah koordinasi dengan teman-teman imigrasi sama Bea Cukai dan karantina untuk standby kalau misalnya turun atau sebagainya. Tapi kaptennya memutuskan untuk stay di dalam pesawat selama pemeriksaan," ujar Yogi.
ADVERTISEMENT
"Kita jaga-jaga jika terjadi hal-hal seandainya penumpang turun dari pesawat, secara status mereka kan penumpang tak dikenal, itu adalah aturan internasional penerbangan dunia," kata Yogi menjelaskan.
"Itu kalau ada pesawat lagi emergency landing di mana pun itu memang sudah peraturan internasional harus kita beri izin," tutup Yogi.
Akhirnya, maskapai Malaysia Airlines dengan penumpang sebanyak 120 orang dan 7 orang kru sudah kembali melanjutkan perjalanan setelah mendarat di Jambi. (suwandi)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan