kumparan
17 Juli 2019 19:13

Pemilik Akun Facebook Penghina Jokowi Ditahan, Ancaman 6 Tahun Penjara

Akun Facebook "Aida Konveksi".
jatimnow.com - Seorang perempuan bernama Ida Fitri (44) asal Blitar, Jawa Timur, ditahan kepolisian karena menyebarkan unggahan yang menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat akun Facebook-nya yang bernama "Aida Konveksi". Ida terancam hukuman 6 tahun penjara.
ADVERTISEMENT
Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Blitar Kota memutuskan menahan Ida selama 20 hari ke depan, usai melakukan serangkaian pemeriksaan terhadapnya selama 4 jam. Ida terjerat Pasal 45 a ayat 2 jo, Pasal 28 ayat 2 UU ITE jo, Pasal 207 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.
"Syarat formal untuk melakukan penahanan sudah terpenuhi, ancaman hukumannya enam tahun penjara. Kami melakukan penahanan terhadap tersangka untuk 20 hari ke depan," kata Kasatreskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono, Rabu (17/7/2019).
Sementara itu, kuasa hukum Ida, Oyik Rudi Setiawan, mengatakan setidaknya ada 42 pertanyaan yang dilayangkan penyidik kepada kliennya dalam pemeriksaan yang berlangsung pukul 12.30-16.30 WIB itu.
"Penyidik memang bisa melakukan penahanan karena ancaman hukumannya enam tahun penjara. Itu hak penyidik. Kami ikut proses hukum," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Pihak Ida Fitri masih akan berkoordinasi terkait rencana pengajuan penangguhan penahanan. Tim kuasa hukum Ida Fitri juga menghormati setiap proses hukum yang berlangsung.
"Tentunya kami akan melakukan upaya termasuk penangguhan penahanan. Namun, kami akan berkoordinasi terlebih dulu," katanya.
Ada pun, unggahan Facebook yang membuat Ida berurusan dengan hukum adalah foto mumi berwajah Presiden Jokowi dengan caption 'the new firaun'. Selain itu, ada juga foto seorang hakim berkepala anjing.
Editor: Sandhi Nurhartanto Reporter: CF Glorian
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan