kumparan
13 Jun 2019 15:29 WIB

Sidang Lanjutan Gus Nur, Massa Banser dan FPI Bertemu di PN Surabaya

Massa Banser yang berada di Pengadilan Negeri Surabaya
jatimnow.com - Kelompok massa dari Banser dan FPI berkumpul di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (13/6/2019). Dua kubu massa yang berbeda ini berkumpul untuk mengikuti sidang Sugi Nur Raharja atas kasus pencemaran nama baik terhadap Generasi Muda NU.
ADVERTISEMENT
Pantauan dilokasi, massa dari Banser berada di luar Gedung PN, sementara massa dari FPI berada di dalam. Terlihat mobil Water Canon dan Unit K9 berada di sisi jalan. Para Banser juga sempat berseru dengan nyanyian Yalal Waton.
Kepala Satkorwil Banser Jatim, Yunianto mengatakan, berkumpulnya massa sebanyak 150 orang ini bukan untuk aksi melainkan mengawal para kiai yang akan menjadi saksi dalam persidangan Sugi Nur Raharja. Ia menyebut salah satu yang menjadi saksi yakni Kiai Nuruddin Ar-Rahman dari Bangkalan.
"Kami berinisiatif dengan teman-teman bahwa Kiai kita sedang memperjuangkan harkat dan martabat NU. Maka kita punya kewajiban untuk mengamankan beliaunya," ujar Yunianto.
Yunianto mengatakan, jika Banser ingin memberi support kepada Kiai, memberikan backup secara penuh lantaran Banser merupakan benteng para ulama.
ADVERTISEMENT
"Maka kita punya kepentingan moral positif, untuk mendukung para ulama kita yang akan menjadi saksi nanti," tambahnya.
Terkait bertemunya dua pihak ini, Yunianto yakin para massa akan bisa menjaga kondusifitas. Tidak memprovokasi dan terprovokasi.
"Kami prinsipnya mas, kalau kami ditantang ya kami ikut terlibat. Kalau kami menjaga kondusivitas tidak ada mengolok-olok dan dingin. Kalau ada kericuhan saya yang bertanggungjawab sebagai Satkorwil Banser Jatim," tegasnya.
Sementara itu, Wali Laskar FPI Surabaya, Agus Fahruddin mengatakan, pihaknya berada di PN juga dalam rangka mendukung Sugi Nur Raharja. Ia berharap sidang kali ini berjalan lancar tanpa ada intervensi dari pihak manapun.
"Kami disini ada sekitar 20 orang. Kami ya memberikan dukungan moril kepada Gus Nur biar sidang ini berjalan semestinya tanpa ada intervensi dari pihak manapun," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Agus juga menjamin tidak akan terjadi kericuhan saat persidangan berlangsung. Ia memastikan pihak kepolisian dan para massa dari Banser bisa menjaga kondusifitas kota Surabaya.
"Ndak lah saya yakin, terutama kepada teman-teman kepolisian yakin mereka akan menjaga kondusifitas Kota Surabaya. Dan kami datang kesini niatnya memberikan support saja ndak pingin ramai atau bertujuan crash. Kami sekedar memberi support dan dukungan moril saja," tegasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan