kumparan
8 Jan 2019 9:06 WIB

Taman Monumen Lokomotif C2606 Madiun jadi Wisata Edukasi

jatimnow.com - Kota Pecel Madiun kini mempunyai taman edukasi yaitu Taman Monument Lokomotif C2606. Berlokasi di Jalan Sunaryo, Kota Madiun, dekat Jalan Perlintasan Langsung (JPL), lokomotif yang dipasang merupakan bersejarah.
ADVERTISEMENT
Lokomotif C26, saat ini masih tersisa satu, yaitu C2606 yang mulai operasional tahun 1921 dan dipajang di dekat stasiun Madiun. Lokomotif ini memiliki susunan gandar 0-6-0T dan berat 21 ton.
Lokomotif C2606 operasionalnya menggunakan bahan bakar, kayu jati atau batu bara dan dapat melaju dengan kecepatan 25 km/jam.
Baca Juga:
Kepala Daop 7, Heri Siswanto mengatakan jika Lokomotif C2606 adalah lokomotif uap buatan pabrik Henschel, Jerman tahun 1914.
"Konsep Taman Monumen Lokomotif tidak hanya untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH). Namun untuk hiburan," kata Kata Kepala Daop 7, Heri Siswanto, Senin (7/1/2019).
Menurut Heri, dibukanya taman tersebut selain memberikan edukasi kepada masyarakat juga dapat memberikan rasa aman. Karena selama ini di lokasi, taman tersebut merupakan daerah tertutup yang sering digunakan masyarakat untuk melihat kereta yang melintas.
ADVERTISEMENT
“Maka dengan dibuatnya taman ini, warga bisa terakomodir untuk bermain dengan aman. Yakni aman untuk perjalanan kereta apinya juga aman untuk dirinya sendiri. Sehingga aman buat anak-anak dan kereta api yang melintas," ujarnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan