kumparan
KONTEN PENGGUNA
17 September 2019 10:04

Berburu Kuliner di Melaka, Malaysia, Bikin Badan Jadi Melar

Mencicipi makanan di negara orang itu hukumnya wajib. Makanya waktu saya berkunjung ke Melaka, target utama saya adalah mencoba beragam kuliner yang ada di sana. Melaka terkenal dengan kuliner asam pedasnya. Kuah asam pedas ini mirip seperti kuah kari tapi berwarna merah dan rasanya pedas.
ADVERTISEMENT
Makan satu Kepiting Ramen Asam Pedas Tanjak Songsang saja rasanya sudah puas. Kedai ini berada di Jalan Bukit Baru, 75150 Melaka, Malaysia. Meskipun porsinya besar, harga dalam setiap porsinya bisa dibilang tidak mahal, karena berkisar 20 RM saja.
WhatsApp Image 2019-09-17 at 09.30.32.jpeg
Kepiting Ramen Asam Pedas Tanjak Songsang.
Wisata kuliner saya di Melaka tidak berhenti sampai di situ, paginya kami memilih untuk tidak sarapan di hotel melainkan pergi ke Warung Kopi Manggis yang ada di Jalan 71, Jalan Kampung Baru, Taman Gembira, 75200 Melaka, Malaysia. Usai makan santan di malam hari, pagi hari kami makan kuliner ala-ala roti canai.
IMG_5273.JPG
Awali sarapan dengan ngopi di Warung Kopi Manggis. Foto: Ogie/jalanjajanseru
Roti canai di Warung Kopi Manggis ini berbeda, meski sudah dimodifikasi tapi rasanya tetap nikmat. Nah, satu lagi yang jadi favorit di sana adalah Kopi Pahlawan, yaitu kopi yang dicampur dengan milo. Rasanya benar-benar nikmat dan kental. Kamu bisa memesannya secara dingin atau panas. Harga menu di warung kopi manggis ini relatif murah, hanya berkisar 5 RM. Kamu bisa sarapan sepuasnya di sini.
WhatsApp Image 2019-09-17 at 09.30.31.jpeg
Roti Bangsawan, salah satu menu Warung Kopi Manggis.
WhatsApp Image 2019-09-17 at 09.30.31 (1).jpeg
Macam-macam menu yang kami pesan di Warung Kopi Manggis saat sarapan.
Perjalanan kami tak usai sampai di warkop, masih ada makan siang dan makan malam. Usai kami keliling kota dan mengunjungi destinasi wisata yang ada di Melaka, saat siang bolong perut pun meronta-ronta, meminta untuk diisi. Akhirnya kami memutuskan untuk makan siang di restoran Peranakan Cina di daerah Alor Gajah, yaitu di Ngoh Juan Yong, yang beralamat di 2851, Jalan Datuk Naning, 78000 Alor Gajah, Melaka, Malaysia.
WhatsApp Image 2019-09-17 at 09.30.32 (1).jpeg
Aneka Traditional Hainan Soup.
Restoran yang buka sejak 1946 ini menyediakan menu Traditional Hainan Soup. Banyak sekali jenis sop yang bisa kamu jajal. Kalau saya sih suka dengan sop ayam hitam, karena kata pemiliknya baik untuk kecantikan.
ADVERTISEMENT
Bahkan pemilik restoran generasi ketiga itu mengatakan supaya saya makan sop ini maka bibir dan pipi saya akan menjadi merah merona, saya tidak perlu pakai skincare karena sop tersebut lebih canggih dari SKII, bahkan SKVI. Tanpa babibu saya lahap sop tersebut. Harga menu di restoran ini pun tidak terlalu mahal, rata-rata sekitar 10 RM.
WhatsApp Image 2019-09-17 at 09.30.32 (2).jpeg
Sop hainan dengan nasi lemak.
Selain kuliner berat, saya juga mengunjungi pembuat kue khas Melaka, yaitu Kuih Bakar Kuala Ina. Kue ini hampir mirip dengan kue bolu seperti di Indonesia. Namun ketika digigit rasanya beda, karena resep adonan kue ini mengandung rempah-rempah.
WhatsApp Image 2019-09-17 at 10.03.30.jpeg
Membuat Kuih Bakar Kuala Ina yang kaya akan rempah.
Cara pembuatannya pun dibakar di atas bara api atau dipanggang secara tradisional, bukan di-oven. Jalan-jalan ke Melaka kali ini membuat berat badan saya naik dua kilogram. Bagaimana tidak, setiap kulinernya sayang untuk dilewatkan.
ADVERTISEMENT
Video
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan