• 0

USER STORY

Amazon Brazil Mulai Tawarkan Barang Elektronik dari Penjual Lokal

Amazon Brazil Mulai Tawarkan Barang Elektronik dari Penjual Lokal


Alex Szapiro,manajer Amazon Brazil (Foto : Reuters)
Amazon akan mulai menawarkan barang-barang elektronik dari pihak ketiga kepada konsumen di Brazil sejak hari Rabu yang berarti mereka tak lagi hanya menjual buku di pasar niaga daring yang semakin kompetitif di negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin yang diberitakan Reuters (18/10).
Langkah yang telah lama dinanti ini akan menjual televisi, ponsel dan komputer jinjing dari ratusan penjual yang menggunakan situs Amazon di Brazil tanpa melibatkan mereka dalam hal logistik yang banyak merugikan peritel daring di negara tersebut.
Alex Szapiro , manajer Amazon untuk Brazil menolak menyebutkan apakah ada rencana perusahaannya untuk menyimpan persediaan barang elektroniknya sendiri atau membuka pusat penyimpanan untuk mengirimkan barang secara lebih efisien, yang pernah dilakukan di Meksiko dua tahun lalu bersamaan dengan pembukaan penjualan dari pihak ketiga.
“Masing-masing negara mempunyai strategi yang berbeda,” kata Szapiro dalam sebuah wawancara dengan Reuters di kantor Amazon di Sao Paulo.
Dia ikut membantu peluncuran bisnis Amazon di Brazil lewat buku daring di tahun 2012 setelah sebelumnya menjadi pegawai Apple di Brazil selama lima tahun.
Saham-saham dari pesaing niaga daring lokal seperti MercadoLibre Inc, Magazine Luiza SA dan B2W Cia Digital masing-masing turun 14 persen, 17 persen dan 20 persen pekan lalu akibat tumbuhnya kekhawatiran persaingan yang ketat dari Amazon.
Untuk mengikuti ritme dari pasar niaga daring setempat, Amazon akan mengirimkan barang ke sebanyak mungkin pembeli selama 10 bulan pertama tanpa menarik bunga, yang dilakukan oleh Amazon saat mulai menjual Kindle di Brazil pada tahun 2014 yang kemudian diimplementasikan juga di Meksiko dan negara lainnya.
Para penjual akan dibayar di muka, yang dikurangi 10 persen komisi kepada Amazon dan biaya 19 reais (6 dolar) per bulan atau 2 reais per barang. Szapiro menyebut komisi 10 persen adalah tarif promosi tanpa menyinggung kapan dan berapa banyak kenaikan tarifnya di masa depan.

AmazonBrasilE-commerceTeknologiBisnis

500

Baca Lainnya