kumparan
KONTEN PENGGUNA
31 Mei 2019 0:02

Apple Bela App Store yang Diprotes Spotify

Apple (Foto: Reuters)
Apple hari Rabu secara terbuka membela App Storenya dari hujan kritikan atas perlakuan terhadap pesaingnya, yang disampaikan lewat blog berisi detil fungsi dan panduan.
ADVERTISEMENT
Perusahaan seperti Spotify mengritik praktik yang dijalankan Apple, yang digambarkan sebagai perilaku anti monopoli dalam komplainnya ke KPPU Uni Eropa.
Keluhan Spotify berupa biaya 30% yang dibebankan Apple terhadap penyedia layanan berbasis konten untuk pemakaian sistem pembelian di dalam aplikasi (IAP).
Di tulisan yang berjudul 'Prinsip dan Praktik', Apple membela praktiknya, dengan alasan pengembang memutuskan besarnya beban tarif berdasarkan beberapa penawaran kelompok harga.
"Kami hanya menarik komisi dari pengembang ketika barang atau jasa digital disampaikan lewat sebuah aplikasi."
"Kami juga mendahulukan kualitas daripada kuantitas, dan kepercayaan di atas transaksi. Itulah sebabnya, meskipun toko aplikasi lain memiliki lebih banyak pengguna dan jumlah pengunduhan aplikasi, App Store meraup lebih banyak uang untuk pengembang. Pengguna kami mempercayai Apple, dan kepercayaan ini penting terhadap cara kami mengoperasikan toko yang berimbang, kompetitif untuk distribusi aplikasi pengembang," jelas Apple yang dikutip Reuters.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan