kumparan
25 Jun 2019 20:52 WIB

Apple : Hanya 1 Persen Pengguna Spotify yang Ditarik Biayanya

Spotify (Foto: Reuters)
Layanan streaming musik Spotify membayar ke Apple biaya 15% yang berasal dari 680.000 di antara 100 juta pelanggan premiumnya, demikian diungkap Apple dalam rangka merespon pengaduan Spotify ke KPPU Eropa.
ADVERTISEMENT
Pelanggan premium membayar biaya bulanan untuk menikmat layanan Spotify yang bebas dari iklan. Spofity tercatat mempunyai 217 juta pengguna termasuk yang menikmatinya dengan cuma-cuma.
Apple bersaing dengan Spotify melalui layanan Apple Music. Pada bulan Maret, Spotify mengirimkan pengaduan ke KPPU Uni Eropa yang menyatakan kontrol Apple terhadap App Store, termasuk di antaranya biaya yang dipungut untuk pembayaran lewat App Store, menjadikannya sulit disaingi rivalnya dalam memperebutkan pengguna berlangganan.
Apple memungut biaya 30% untuk pembelian di dalam aplikasi lewat App Store, yang besarnya turun ke 15% setelah berlangganan selama setahun.
Sebagai gantinya, Apple menangani semua kegiatan penagihan dan pembayaran di lebih dari 100 negara. Namun dalam tanggapan Apple ke aduan Spotify, Apple mengatakan Spotify saat ini tidak membayar biaya 30% untuk setiap pengguna premiumnya dan hanya sebagian kecil yang terdampak biaya bersangkutan.
ADVERTISEMENT
Apple mengatakan Spotify memakai sistem penagihan App Store antara tahun 2014 dan 2016. Dikarenakan 680.000 pengguna premium Spotify yang mendaftar dalam periode tersebut telah membayar lebih dari setahun, Spotify membayar Apple biaya 15%, demikian keterangan Apple.
Apple juga mengatakan Spotify belum membayar sepeser pun untuk pelanggan premium yang mendaftar dalam tiga tahun terakhir karena Spotify tidak memakai sistem pembelian dalam aplikasi milik Apple.
Spotify menolak berkomentar tentang angka tersebut. Apple mengirimkan tanggapannya 31 Mei silma, namun belum diungkap ke publik ketika itu.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·