kumparan
10 Apr 2019 22:23 WIB

China Ingin Larang Penambangan Bitcoin

Bitcoin (Foto : Reuters)
Bappenas China (NDRC) ingin menghilangkan penambangan bitcoin di negaranya, berdasarkan daftar rancangan aktivitas industri yang ingin distop oleh lembaga tersebut yang menjadi pertanda semakin kuatnya tekanan pemerintah ke sektor mata uang virtual.
ADVERTISEMENT
China merupakan produsen perangkat keras komputer terbesar dunia yang dirancang untuk menambang bitcoin dan mata uang virtual lainnya, meskipun aktivitas tersebut baru-baru ini masuk ke wilayah peraturan yang abu-abu.
NDRC hari Senin mengatakan ingin meminta opini publik terkait daftar industri hasil revisi yang layak didukung, dibatasi, atau dihilangkan. Daftar ini pertama kali terbit tahun 2011.
Rancangan daftar yang direvisi memasukkan penambangan mata uang virtual misalnya bitcoin ke dalam 450 aktivitas yang oleh NDRC disebut perlu dihilangkan karena tidak mengikuti aturan hukum yang relevan, tidak aman, membuang-buang sumber daya atau menjadi polutan.
NDRC tidak menetapkan tanggal atau rencana tentang bagaimana menghapus penambangan bitcoin. Masyarakat diberi kesempatan menanggapi rancangan ini hingga 7 Mei.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan